TAK TERSALURKAN 3 Ribu Metrik Ton Gas Elpiji 3 Kg, Ini Masalahnya

TAK TERSALURKAN 3 Ribu Metrik Ton Gas Elpiji 3 Kg, Ini Masalahnya

SuarIndonesia – Sebanyak 3 ribu Metrik Ton (MT) gas elpiji 3 kg tak tersalurkan di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).

Alasannya,  jalur pendistribusi jalan Sungai Gampa masih mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Stok gas LPG untuk 3 kg yang ada di depo tidak kurang dari 3 ribu metrik ton yang tak tersalurkan,” kata Ketua Hiswana Migas Kalsel H. Saibani kepada awak media, Sabtu (16/4/2021).

Menurut Saibani pendistribusian gas elpiji terhambat sudah dua hari, dikarenakan jalan masih dalam kondisi rusak, pasca banjir.

“Bila kondisi jalan ini tidak teratasi dengan cepat, kami pastikan disana mengalami kekosongan elpiji, walaupun masih ada itu sisa stok dari hari kemarin,” ucapnya

Pendistribusian jalur Sungai Gampa menuju banua anam meliputi Tapin, HSS, HST, HSU, Balangan, Tanjung, Barito Timur, Barito Utara, Murung Raya.

Selain itu, untuk jalur pendistribusian Gubernur Syarkawi juga masih mengalami kerusakan dan berpengaruh dalam pendistribusian yang hanya 50 persen.

Jalur Gubernur Syarkawi ini meliputi Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Pelaihari, Tanah Bumbu, Batulicin, Kotabaru.

Saibani menambahkan saat ini stok gas elpiji sangat berlimpah di depo hingga mencukupi 10 hari kedepan.

Namun terkendala jalur pendistribusian dengan mengharapkan bantuan pemerintah dan pihak terkait untuk segera mengatasinya,

Bahkan sudah mencoba berkoordinasi dan menyampaikan kondisi yang sebenarnya dengan pimpinan daerah, dinas terkait dan wakil rakyat, namun belum bisa memberikan solusi.

“Kami khawatir bila kerusakan jalan tidak teratasi akan terjadi gejolak harga gas 3 kg, apalagi di saat Ramadhan kebutuhan masyarakat meningkat,” ujarnya.

Lebih jauh Saibani mengatakan, pihaknya juga sudah mencarikan jalan alternatif untuk pendistribusian LPG melalui jalur sungai dengan menggunakan Landing Craft Tank (LCT) namun tetap kurang maksimal.

“Kalau lewat LCT kita harus menunggu air pasang untuk mengangkut, pasang air ujar saibani malam hari kasian pegawai kita,” tutup Saibani (HM)

 774 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: