Tak Berdokumen, PT Talenta Tak Izinkan Pengapalan

Tak Berdokumen, PT Talenta Tak Izinkan Pengapalan

Suarindonesia – General Manager (GM) Operasional PT Talenta Bumi, Budi Suhartono, menjelaskan pihaknya komitmen untuk tidak mengapalkan batubara Ilegal.

“Kita sesuai SOP, jika lengkap dokumennya maka dibolehkan. Dari pemegang IUP kita verifikasi lagi legalitasnya, termasuk surat pengapalan dan surat asal usul batubara.

Kesyahbandaran tidak memberi izin jika dokumen belum lengkap,” kata dia usai menerima kunjungan Koordinasi, Supervisi, dan Pencegahan (Korsupgah) Wilayah VII KPK RI, Senin (7/10).

Dikatakannya, sebanyak 12 pemegang IUP bekerjasama dengan PT Talenta menggunakan jalur khusus batubara untum pengapalan.

“Kami memiliki tiga konveyor, satu konveyor sehari bisa melayani dua tongkang. Kapasitas tongkang bervariasi ada yang muatan 5.000 hingga 8.000,” urainya.

Sementara, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalsel, Isharwanto, menambahkan langkah yang dilakukan KPK tersebut dalam rangka pencegahan korupsi di bidang mineral dan batubara.

Dikatakannya, langkah serupa dilakukan secara bertahap.
Ia menyebut KPK tidak menghendaki adanya permainan dokumen pengiriman batubara melalui pelabuhan khusus (pelsus).

“Sehubungan dengan upaya KPK itu kami tidak akan memberikan dokumen batubara yang tidak sesuai, sebab setiap saat akan diperiksa oleh Korsupgah KPK,” ujarnya.

Disebutkannya, jika masih ada pengusaha nakal yang menggunakan dokumen tidak sesuai peruntukannya bisa terendus KPK, sebab kelengkapan dokumen di pelsus lainnya juga akan diperiksa.

“Kami menghendaki semuanya tertib aturan, batu dari mana harus sesuai dengan dokumennya,” urainya.(RW)

 1,072 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!