TAHAPAN PEMILU 2024 Dimulai, KPU Verifikasi Faktual Partai

SuarIndonesia – Ketua Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kalsel Sarmuji mengatakan Agustus dimulainya pendaftaran calon peserta Pemilu 2024 untuk Partai Politik (Parpol) yang berpusat di KPU RI.

Adapun untuk KPU Provinsi akan menerima data dari KPU RI, yang akan melakukan verifikasi Parpol yang telah mendaftar.

“Hari ini pendaftaran calon Parpol dimulai di KPU RI pusat hingga 14 Agustus 2024,” ucapanya kepada awak media, Senin (1/8/2022)

Sarmuji juga mengatakan, KPU Provinsi akan menerima hasil pendaftaran dari pusat, dan akan melakukan verifikasi faktual di tingkat provinsi hingga ke kecamatan.

Sementara untuk semua Parpol yang telah terdaftar di Kementrian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) mendaftar di KPU RI dan dapat dilihat melalui Sistem Informasi Pattai Politik (Sipol)

Selain itu, pemeriksaan atau verifikasi kelengkapan administrasi pemberkasan akan dilakukan dari 2 Agustus hingga 11 September 2022 oleh KPU RI yang akan disampaikan melalui Sipol.

Verifikasi administrasi meliputi seperti badan hukum, gambar parpol, kepengurusan anggota dan masa berlaku kartu dan sebagainya.

Selain itu lanjut Sarmuji juga termasuk status kedudukan kantor parpol dari pusat hingga ke daerah.

“Akan diketahui keberadaan kantor parpol itu, apakah statusnya kontrak, atau pinjam pakai atau sudah milik parpol, asalkan menetap, hingga berakhir Pemilu 2024 mendatang,” katanya

Lanjutnya tak masalah jika kantor Parpol termasuk partai baru peserta Pemilu 2024 tidak berada di ibu kota selama masih di wilayah Kalsel.

“Kantor tetap, tidak boleh berpindah-pindah hingga pemilu selesai sampai Desember 2024,” tutupnya (HM)

 113 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!