TAHAN DIRI !! Cagub – Cawagub Kalsel, Stop Saling Hujat di Medsos

TAHAN DIRI !! Cagub – Cawagub Kalsel, Stop Saling Hujat di Medsos

SuarIndonesia – Ketua DPRD Kalsel H Supian HK kembali mengimbau pendukung pasangan cagub dan cawagub nomor urut 01 dan 02 untuk bersama-sama menahan diri menunggu pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) pada Pilgub Kalsel 2020.

“Dari hati nurani, saya selaku wakil rakyat, mengimbau kepada tim sukses dan pendukung kedua kandidat untuk menahan diri, stop saling hujat di media sosial.

Apalagi ini mendekati Bulan Suci Ramadhan, orang seharusnya saling memaafkan,” katanya, Selasa (6/4/2021).

Supian HK mengaku prihatin melihat persaingan kedua kubu cagub-cawagub Kalsel nomor urut 01 dan nomor urut 02 di medsos saat ini sudah tidak sehat dan cenderung mengadu domba masyarakat.

“Kedua kubu saling tuduh di medsos, hingga membuat opini yang dapat menyesatkan dan memecah belah masyarakat. Kalau sampai terjadi polarisasi atau perpecahan, yang rugi masyarakat Kalsel sendiri,” ujar Orang nomor satu di DPRD Kalsel ini.

Seperti diketahui, berdasakan Putusan Mahkaman Konstitusi (MK) terkait sengketa hasil perhitungan suara Pilgub Kalsel 2020, MK memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) di 24 TPS kecamatan Binuang, Tapin, 5 Kecamatan Kabupaten Banjar dan Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin.

Waktu penyelenggaraan PSU dalam rentang 60 hari kerja sejak keputusan MK dibacakan pada Jumat, 19 Maret 2021 lalu.

KPU Kalsel telah menetapkan jadwal PSU Pilgub Kalsel 2020 pada 9 Juni 2021 mendatang atau setelah Lebaran Idulfitri.

Sebagai tokoh masyarakat Supian HK, meminta KPU dan Bawaslu, selaku penyelenggara dan pengawas PSU untuk bersikap tegas dan cepat bertindak jika terjadi pelanggaran.

“Ini ranahnya Panwaslu, jangan dibiarkan berlarut-larut misalnya ada baliho pasangan calon yang tidak sesuai aturan langsung turunkan. Begitu juga bila dan yang melakukan kampanye dalam bentuk apapun, jangan dibiarkan karena PSU tidak boleh ada kampanye atau sosialisasi,” ujarnya.

Legislator Kalsel ini juga mengajak kedua kandidat Cagub-Cawagub bersama-sama mengajak pendukungnya untuk saling menahan diri dan menghentikan perang medsos untuk mendinginkan situasi menjelang bulan Puasa.

Menurut dia, jangan ada lagi upaya mobilisasi massa, mengarahkan masyarakat untuk memilih calon lain, agar tidak memancing reaksi kubu yang lain.

“Saya sangat mengharapkan, kondisi seperti jangan terulang lagi. Soal siapa yang dipilih pada PSU nanti,
serahkan saja kepada masyarakat untuk menentukan pilihan sesuai hati nuraninya,” katanya.

Di sisa waktu jelang PSU, H Supian HK sekali lagi minta kedua pihak untuk saling menahan diri, melupakan masalah yang sudah lewat dan stop bikin gaduh di medsos.

“Hentikanlah membuat kegaduhan di masyarakat. Mari menyongsong PSU dalam situasi kondusif, sebagaimana kebiasaan warga Kalsel agamis,” ujarnya.

Untuk menyukseskan PSU, H Supian HK mengimbau kepada masyarakat untuk berbondong-bondong mendatangi TPS-TPS saat PSU 9 Juni nanti untuk memilih pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sesuai hati nuraninya.

“Jangan sampai golput atau tidak memilih, karena ini kesempatan bagi masyarakat untuk menentukan siapa pemimpin Kalsel lima tahun yang akan datang,” ujarnya. (HM)

 687 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: