SIUP di Banjarmasin Berlaku Seumur Hidup

SIUP di Banjarmasin Berlaku Seumur Hidup

Suarindonesia – Pelaku usaha di Banjarmasin kembali mendapatkan kemudahan dalam hal Surat Izin Usaha Perdagangqn (SIUP). Karena mulai, 2019 untuk masa berlaku SIUP diberlakukan selamanya sepanjang perusahaan tidak berubah nama, tempat dan pemilik dari perusahaan tersebut.

Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Banjarmasin, Muryanta mengatakan sejak awal tahun 2019 yang lalu pelaku usaha di Banjarmasin mendapat kemudahan dalam hal SIUP yang biasanya diperbaharui setiap tahun berubah menjadi masa berlaku selamanya.

“Kebijakan ini terintegritas dari pusat melalui Pasal 7 Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.7/M-DAG/PER/2/2017 tentang Perubahan Ketiga Atas Permendag No.36/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan yang berisi keputusan perubahan masa berlaku SIUP menjadi selamanya dengan ketentuan dan syarat,” beber Muryanta kepada wartawan, Rabu (29/5).

Selain itu Muryanta menyebut selain SIUP yang berlaku selamanya sepanjang perusahaan tersebut tidak ada perubahan nama, tempat dan kepemilikan, terkait Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Tanda Daftar Berusaha (TDB) juga memiliki masa berlaku yang sama dengan masa berlaku dari SIUP tersebut.

“Kalau perusahaan baru itu bisa membuat sekaligus. Tetapi kalau perusahaan lama mereka hanya wajib untuk memperbaharui NIB. Dan selanjutnya otomatis SIUP mereka juga akan diperbaharui dan berlaku selamanya sesuai ketentuan baru, karena NIB ini terdaftar secara nasional,” ujar Muryanta.

Ia menegaskan meskipun SIUP, NIB dan TDB berlaku selamanya, pelaku usaha tetap harus melakukan pembaharuan setiap tahunnya pada Surat Keterangan Tanda Usaha (SKTU) yang sampai saat ini masih memiliki masa berlaku hanya satu tahun.

“SKTU tetap masa berlakunya hanya satu tahun, dan setiap tahunnya harus mereka perbaharui, akan tetapi mereka yang ingin memperbaharui tak harus datang kekantor melainkan bisa melalui sistem Online Single Submission (OSS) yang tersedia di situs online resmi milik Dinas PMPTSP,” kata Muryanta.

Ia menambahkan terkait online single submission sudah diterapkan sejak bulan April yang lalu. “Jadi sejak bulan April ini kita sudah memandu perizinan perizinan berbasis online guna memudahkan para pelaku usaha membuat izin agar tidak perlu ribet lagi datang dan antre di kantor,” demikian H Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Banjarmasin, Muryanta.(SU)

 798 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: