SERIUS, BW Siap Hadirkan Ahli ke Bawaslu Kalsel

SERIUS, BW Siap Hadirkan Ahli ke Bawaslu Kalsel

SuarIndonesia – Laporan dugaan pelanggaran pemilu yang dilaporkan oleh Jurkani dianggap serius oleh kuasa hukumnya, Bambang Widjojanto.

Pasalnya, pengacara kondang yang pernah menjadi ketua tim hukum Prabowo Sandi ini mengaku siap menghadirkan para ahli untuk menyokong laporan yang melibatkan pasangan calon yang menjadi rivalnya tersebut.

“Dugaan pelanggaran pada pasal yang kami laporkan ini mempunyai sanksi yang sangat berat. Karena tindakannya yang sangat fundamental. Itu sebabnya kami mengusulkan untuk menghadirkan beberapa ahli karena ini perlu pendalaman yang serius. Semoga saja harapan kami ini bisa disetujui,” ungkapnya saat keluar dari Kantor Bawaslu Kalsel.

Namun, ia enggan membeberkan secara rinci apa saja dasar laporan yang ia ajukan kepada Bawaslu Kalsel hari ini.

“Kami hanya bisa menyebutkan satu dasar saja, yaitu dugaan pelanggaran pasal 71 ayat 3 jo pasal 71 ayat 5 uu pemilihan kepala daerah. Apabila terbukti akan dikenakan sanksi yang berat, yakni pembatalan atau pendiskualifikasian pasangan calon” bebernya.

Selain itu, mantan Wakil Ketua KPK periode 2011-2015 ini juga belum membuka sepenuhnya apa saja alat bukti pendukung dalam laporan tersebu.

“Ini kami lakukan untuk melindungi proses yang sekarang sudah terjadi dan pihak-pihak yang sudah kami ajukan,” ujarnya.

Jika nanti memang diperlukan berbagai keterangan lain, maka pihaknya mengaku tetap menyediakan diri untuk bisa memenuhi hak tersebut dan tetap berhadir dalam proses ini.

Ia menegaskan, bahwa laporan yang disampaikan oleh Jurkani ini bukan merupakan alat untuk menunjukkan kekuatan di hadapan masyarakat.

“Bukan untuk gagah-gagahan, kami ingin menunjukkan bahwa proses pemilihan kepala daerah itu bukan sekadar mencari pemenang,” ujarnya.

Namun, ia melanjutkan, bahwa proses pesta demokrasi Pilkada dilakukan bertujuan untuk memastikan bahwa orang yang pantas menjadi pemimpin di suatu daerah adalah individu yang memang mempunyai nilai-nilai yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Tidak melakukan tindakan-tindakan kolusif, koruptif dan seolah-olah kita dibuatnya permesif, itu yang harus dilawan,” tukasnya.

Menurutnya, Republik Indonesia didirikan adalah untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakatnya dan mendelegitimasi seluruh sikap dan perilaku yang merugikan tersebut.

Oleh karena itu, ia percaya kepada Bawaslu untuk bisa mengungkap kebenaran dan memproses laporan dugaan pelanggaran tersebut dengan seprofesional mungkin.

“Tentu saja kami berharap laporan ini bisa segera ditindaklanjuti, karena apa yang kami sampaikan itu sudah mencakup berbagai hal yang diperlukan untuk bisa menindaklanjuti laporan ini,” pungkasnya. (SU)

 140 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: