SEMUA Harus Punya Keyakinan dan Digaungkan BNNP Kalsel #Dalas Hangit Kada Narkoba

SEMUA Harus Punya Keyakinan dan Digaungkan BNNP Kalsel #Dalas Hangit Kada Narkoba

SuarIndonesia – Digaungkan jajaran Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Selatan (BNNP Kalsel)  brand #Dalas Hangit Kada Narkoba.

Intinya, dari brand itu ‘Biar Hangus Tidak Narkoba’ ini dengan berbagai cara serta koordinasi dilakukan BNNP Kalsel.

Hanya satu tujuan agar masyarakat punya keyakinan bahaya akan narkoba serta  menjauhi, pencegahan hingga pemberantasan narkotika dilakukan di banua ini.

“Dalam rangka upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), terus dilakukan,

Bahkan membangun sinergitas yang baik dengan semua oihak,” kata Kepala BNNP Kalsel, Brigjen Pol Drs Jackson Lapalonga, M.Si, kepada wartawan, disela Coffee Morning, di Aula BNNP, Kamis (4/2/2021).

Kepala BNNP didampingi Kabid Rehabilitasi dr Sandra,  Koordinator Pencegahan dan perperdayaan Masyarakat, Iskandar Adam SKM MM, Kasi Penyidikan, Kompol Yanto Suparwito dan Kepala Bagian Umum/ TU, H Wahyuni.

Pada bagian lain Jackson Lapalonga, menambahkan pihaknya sangat membutuhkan sinergi bersama dengan stakeholder Pemerintah Provinsi hingga Kabupaten/Kota untuk melaksanakan pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Dengan demikian generasi penerus ke depan kita harapkan menjadi generasi yang sehat, bahagia dan produktif serta menjadi generasi emas pada masanya.

Bahkan disebutkan, sesuai komitmen, selama ini jajarannya datangi langsung ke sekolah-sekolah hingga kampus melaksanakan sosialisasi pencegahan narkoba.

Tak hanya itu, juga dilakukan ke sejumah lingkungan masyarakat dengan tujuan agar bagaimanapun juga kiranya bisa menolak ajakan atau bujukan serta lainnya untuk narkoba ini.

Soal rehabilitasi bagi pencandu lanjutnya, sudah tersedia baik Kota Banjarmasin maupun di sejumlah Kabuatten di Kalel “Upaya rehabilitasi awal bisa di Puskesmas dan Rumah Sakit yang ditentukan.

Namanya narkoba tidak hanya bisa ada pada orang kaya, tapi juga sebaliknya. Bagi yang tak mampu inilah kita bantu,” ucapnya.

Sisi lain akan membuat kembali lagi zona narkoba, mana yang rawan, sedang serta aman.,“Kita selalu konsen dan hendaknya pula semua pihak sama sama berperan terhadap penanganan narkotika,” pungkas Brigjen Pol Jackson Lapalonga.

Sementara Kabid Rehabilitasi, dr Sandra mengatakan, BNNP Kalsel sekarang menyediakan klinik Pratama untuk rehabilatasi.

“Siapapun silahkan datang untuk periksakan serta rawat jalan. Di sini kita sudah terlatih tentang penanganan penyalahgunaan narkoba. Nanti kita pilah perlu rawat jalan atau masuk rumah sakit,” ujarnya.

Untuk sekarang ia rasa penyalahgunaan narkoba di Kalsel banyak.“Tapi yang datang untuk minta rehabilitas sedikit. Kecuali jika sudah ada gangguan jiwa baru datang, ini malah sulit perawatannya. Sampai sekarang baru ada 8 pasien.“Kita punya 9 untuk rehab milik BNN baik di kabupaten/ kota,” ucapnya.

Sementara menurut Iskandan Adam selaku Koordinator Pencegahan dan Perberdayaan Masyarakat, di beberapa titik, selama ini selalu upaya ditangkal dengan berbagai himbauan, baik melalui baliho, spanduk, koran dan lainya.

“Kita ingin bebas narkoba serta juga akan kita arahkan ke keluarga untukk ciptakan daya tanggal adanya paksaan atau bujukan tentang narkoba.

“Paling diutakan daerah pingiran indikasi masih terjadi penyebaran narkoba. Makanya nanti kita akan petakan lagi apa indikatornya,” bebernya.

Lain lagi menurut Kompol Yanto Suparwito, untuk Kalsel bukan lagiu sebagai transit bagi loengedar, tapi sebagai tujuan utama.“Selama ini ada sejumlah kasus yang sudah kita tangani, dan terakhir sita ganja setegah kilo lebih,” ujarnya. (ZI)

 

 

 502 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: