SEGERA DIPERBAIKI Indeks Lingkungan Hidup di Kalsel Rendah

Bagikan :
SEGERA DIPERBAIKI Indeks Lingkungan Hidup di Kalsel Rendah

SuarIndonesia – Hari Menanam Pohon Indonesia 2021 yang nanti jatuh pada tanggal 28 November 2021 diharapkan bisa menjadi perbaikan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Kalsel.

“Saat ini Indeks Kualitas Lingkungan Hidup di Kalsel rendah dan harus bersegera diperbaiki,” ucap, Firman Yusi, Jumat (26/11/2021)

Menurut Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kalsel ini, semua komponen termasuk komunitas harus terlibat dalam perbaikan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup.

Terkait banyaknya penebangan hutan dikarenakan adanya pembukaan lahan dibandingkan dengan yang menanam pohon.

Itu lanjut Firman Yusi, dirinya mempunyai perbandingan dengan prinsip lebih baik melakukan penanaman dibandingkan tidak sama sekali.

“Prinsipnya, perbandingan antara membuka lahan itu menembang hutan dibandingkan dengan yang menanam, lebih banyak mana ? cuma kalau tidak ditanam maka hasilnya tidak akan bagus, lebih baik kita menanam,” ujarnya

Firman Yusi menambahkan Perusahaan yang membuka lahan itu urusan formalnya Pemerintah, secara non formalnya gerakan gerakan lingkungan juga harus jalan supaya mempercepat peningkatan indeks kualitas lingkungan.

“Kita sebagai Dewan lewat komisi 3 nantinya akan mendorong percepatan penanganan lingkungan tersebut,”katanya

Adapun secara non formal, ujar Firman Yusi kita ikut berpartisipasi menanam pohon bersama komunitas lingkungan.

Diantara pohon yang ditanam adalah jenis pohon yang mulai langka seperti ulin, kamundai, mahrawin dan layung.

Kegiatan tersebut telah digelar di Kampung Sulangai, Desa Solan, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Minggu (21/11 2021).

Kegiatan ini melibatkan Komunitas Relawan Pusaka, Alumni EcoLiteracy Camp, Peserta Youth Broadcasting Class, Gerakan Sedekah Sampah dan PKS Muda Chapter Tabalong.

Total peserta yang terlibat dalam aksi ini sekitar 50 orang pegiat komunitas.

“Total pohon yang kami tanam sekitar 500 pohon di beberapa titik. Di Kampung Sulangai sendiri adalah titik utama,” papar Firman.

Kegiatan ini sendiri digelar Perkumpulan Pusaka, sebuah LSM yang bergerak di bidang pendidikan, sosial budaya dan lingkungan hidup.

Di LSM ini, Sekretaris Fraksi PKS ini masih tercatat sebagai Direktur Eksekutif-nya.

“Pohon yang kami tanam mayoritas bantuan dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel yg dalam HMPI ini menyelenggarakan menanam pohon bersama Paman Birin, Gubernur Kalsel, juga ada donasi pohon dari beberapa pegiat lingkungan di Tabalong,” jelasnya. (HM)

 264 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!