Sabtu Pagi ini Digelar Festival Jukung Tradisional

Sabtu Pagi ini Digelar Festival Jukung Tradisional

Suarindonesia – Sungai menjadi ikon Kota Banjarmasin yang mengandung
berbagai macam budaya di dalamnya. Karena itulah Sungai urang Banjar
terpilih menjadi ruan rumah pagelaran Lomba Balap Jukung Tradisional
yang akan digelar mulai Sabtu (15/12/2018) pagi ini.

Kegiatan yang dihelat Dinas Pemuda dan Olahraga sebagai leading sector dari pagelaran lomba balap jukung tradisional tersebut juga menyediakan hadiah yang cukup menarik dengan total hadiah sebesar Rp55 juta untuk para pemenang dalam lomba yang dimulai, Sabtu pagi hari.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banjarmasin, Drs HN Achmad Noor Djaya
menyampaikan, ikon dari kegiatan tersebut adalah lomba balap jukung tradisional yang sekaligus bertujuan untuk mengangkat Banjarmasin sebagai pusat budaya seluruh sungai di dunia.

“Khusus untuk nusantara kami yakin Banjarmasin sebagai budaya sungai yang iconic dapat mengangkat kharismatik budaya sungai untuk menuju mendunia,” ucap Djaya dalam ngobrol bareng di tepi Sungai Martapura, Jumat (14/12) sore.

Sementara EO Panitia Lomba Jukung Tradisional Irfan Nugroho memaparkan lomba yang digelar mulai Sabtu pagi ini sampai dengan hari Minggu akan dipadukan dengan pagelaran seni
budaya sungai dari berbagai daerah di Indonesia yang terkenal dengan budaya sungai.

Di aantara yang tampil besok untuk mengiringi lomba balap jukung tradisional adalah budaya dari Sungai Musi Palembang, Sungai Bengawan Solo Jawa Tengah, Sungai Citarum Jawa Barat, Sungai Kapuas Kalimantan Tengah serta Sungai Martapura Kalimantan Selatan.

Irfan juga mengatakan kegiatan yang digelar secara berselang-seling antara lomba jukung dengan pagelaran seni budaya untuk menarik minat para pengunjung agar semakin ramai dan bisa menjadikan sungai menjadi daya tarik yang sangat menarik.

Apalagi kegiatan juga diiikuti dari kedutaan besar China juga datang besok sebagai observer. “Sudah bisa kita pastikan ramai acara besok, semoga cuaca mendukung dan acara berjalan lancar,” demikian Irfan.(SU)

 178 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: