Rumah Kreatif Libatkan Penganggur dan Difabel

Rumah Kreatif Libatkan Penganggur dan Difabel

Suarindonesia – Upaya Pemerintah Kota Banjarmasin untuk membantu warganya dalam peningkatan pendapatan keluarga bukan hanya isapan jempol. Melalui Dinas Perindag dan Pasar Kota Banjarmasin bekerjasama Tim Penggerak PKK memberikan pelatihan kreatif pada 60 orang.

Pelatihan tersebut diikuti peserta dari 5 kecamatan di Banjarmasin yang bertujuan untuk menciptakan manusia yang unggul dan berkualitas dalam bidang wirausaha. Terlebih Pemerintah Kota Banjarmasin terus mengembangkan wirausaha baru di berbagai kesempatan.

Para peserta yang dilibatkan tak tanggung-tanggung, dari ibu-ibu rumah
tangga, pemuda menganggur hingga kaum difabelitas. Hal ini selain guna
memenuhi permintaan, juga merupakan salah satu program pemerintah yang perlu didorong, ujar Direktur Rumah Kreatif Arifin saat menjadi pembibing pelatihan pembuatan dompet dari aneka kain, di Aula Kayuh Baimbai Banjarmasin, Rabu (7/11).

Arifin mengatakan pelatihan yang diselenggarakan dua hari ini memang sangat singkat. Namun demikian, untuk memperdalam kegiatan, pihaknya juga membuka diri untuk warga Kota Banjarmasin jika ingin bersama-sama maju dalam membekali diri apakah bidang ketrampilan menjahit dengan membuat dompet atau kegiatan lainya.

 

 

“Warga Banjarmasin diajak kreatif oleh pemerintah kota Banjarmasin dengan pelatihan mengolah produk kerajinan tangan dengan cara menjahit bahan baku dari benang yang digelar Disperindag bekerjasama dengan PKK Kota Banjarmasin,’’ ungkap Arifin sambil menujukkan hasil kerajinan dompet.

Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah mengatakan pelatihan itu bukan saja sekadar pelatihan, melainkan bimbingan langsung untuk menjadikan manusia yang memiliki keterampilan di bidang jahit menjahit benang yang kemudian dihasilkan menjadi sebuah produk.

“Semisal tas, dompet kemudian selempang dan masih banyak lainnya
produk olahan tangan yang bisa dipelajari dalam pelatihan ini, sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan Banjarmasin memiliki
2.500 wirausaha baru,” kata Hj Siti Wasilah saat membuka pelatihan.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat tersebut
menjelaskan kepada peserta pelatihan agar jangan hanya sampai pada pelatihan hari itu. Bakat para peserta memang harus digali lebih lanjut dengan binaan dari tim PKK bersama Disperindag untuk
mendampingi peserta sampai menjadi wirausaha berkembang.

Menurut istri Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, kegiatan pelatihan keterampilan tersebut adalah bagian dari upaya pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran agar Banjarmasin semakin dekat menuju kota yang bebas dari kemiskinan.(SU)

 201 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: