REVOLUSI HIJAU Dishut Juara Kalsel Innovation Award 2022

SuarIndonesia – Program Gerakan Revolusi Hijau (Revjo) Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan meraih juara 1 Kategori SKPD Pemprov Kalsel dalam ajang “Kalsel Innovation Award (KIA)” Tahun 2022.

Piagam penghargaan beserta throphy diserahkan oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Subhan Nor Yaumil, didampingi Ketua Komisi III DPRD Provinsi. Kalsel pada puncak KIA yang diselenggarakan di Gedung KH. Idham Chalid, Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Kamis (8/9/2022)).

Gerakan Revolusi Hijau Dinas Kehutanan sendiri bersaing dengan inovasi dari nominator lainnya, yakni RS Jiwa Sambang Lihum, UPTD Dinas Perdagangan (BPSMB), Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Koperasi dan UKM, UPTD Dinas Koperasi dan UKM Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil, serta Dinas Sosial.

Acara dihadiri Bupati/Walikota se Kalimantan Selatan serta Pejabat Tinggi Pratama lingkup Provinsi Kalsel.

Dalam sambutannya Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor menyampaikan penyelenggaraan KIA 2022 menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk melakukan pembaharuan baik melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan peran serta masyarakat, maupun peningkatan daya saing daerah.

Gubernur juga mengucapkan selamat kepada para pemenang penghargaan KIA 2022.

“Semoga niat yang tulus dan kerjasama untuk meningkatkan kesejahteraan dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dapat tercapai sesuai dengan harapan kita,” ucap Subhan mewakili Sahbirin.

Adapun Juara 1 KIA tahun ini yang diraih oleh Dinas Kehutanan melalui inovasi Program Gerakan Revolusi Hijau selanjutnya akan diusulkan untuk diikutsertakan pada lomba inovasi pelayanan publik tingkat nasional.

Diharapkan inovasi ini dapat menjadi inspirasi dan diterapkan di daerah-daerah lain di Indonesia.

Kadishut Provinsi Kalsel, Hj. Fathimatuzzahra, mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan Pemprov Kalsel terutama Gubernur Kalsel.

“Program Revolusi Hijau ini merupakan inisiasi dari beliau yang sangat perduli terhadap lingkungan, terima kasih juga kami sampaikan kepada semua rimbawan Kalsel yang telah berperan dan memberikan sumbangsihnya atas pencapaian program revolusi hijau Kalsel,” ucap Hj. Fathimatuzzahra.

Gerakan Revolusi Hijau adalah aksi kegiatan dalam rangka merubah perilaku masyarakat secara cepat dan tepat untuk peduli pada kualitas lingkungan hidup melalui kegiatan penanaman.

Ini dengan menggunakan pendekatan menyeluruh yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk peningkatan daya dukung Daerah Aliraan Sungai (DAS) dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan yang tercantum di Bab I Pasal 1 Ayat 10 Perda Kalsel No. 7 Tahun 2018.

Gerakan Revolusi Hijau yang telah digaungkan dan dicanangkan secara resmi oleh Gubernur Kalsel pada 3 Februari 2017.

Kalsel Innovation Award 2022 merupakan ajang yang diadakan Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Balitbangda  untuk Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas inovasi daerah di Provinsi Kalsel.

Penilaian dilakukan oleh tim juri dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN RB, Akademisi ULM dan UNISKA yang terpercaya melakukan penilaian terhadap inovasi daerah yang sudah diverifikasi.

Penentuan pemenang dinilai berdasarkan indikator tingkat kematangan, orisinalitas, komersialisasi, penguasaan inovasi daerah, dan kemanfaatan dari produk inovasi.

Melalui KIA ini diharapkan membawa manfaat yang besar untuk membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik dan menjadi langkah baru dalam mengoptimalkan pelaksanaan program pembangunan dan meningkatkan kinerja yang professional. (adv/RW)

 153 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!