REKAP Dipastikan KPU Bisa Jadi Acuan Hasil Sementara

REKAP Dipastikan KPU Bisa Jadi Acuan Hasil Sementara

SuarIndonesia – Selesai proses pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), seluruh kotak suara hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalsel untuk wilayah Banjarmasin Selatan saat ini diamankan di kantor kecamatan.

Komisioner KPU Kota Banjarmasin, Syafruddin Akbar mengatakan, rencananya, proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan, bakal dilakukan pada Jumat (11/06/2021). Sesuai jadwal, tahapan rekapitulasi di tingkat kecamatan akan berlangsung sampai tanggal 14 Juni mendatang.

“Setelah selesai pungut hitung di tingkat TPS kotak suara langsung dikumpulkan di kantor kelurahan. Kemudian langsung dikumpulkan di kantor kecamatan Banjarmasin Selatan untuk rekapitulasi,” ucapnya saat dihubungi awak media melalui sambungan telepon, Kamis (10/06/2021) pagi.

Ia mengatakan, sebelum menggelar proses rekapitulasi di tingkat kecamatan, pihaknya lebih dulu melaksanakan rapat dengan seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk menentukan teknis penghitungan.

“Sebenarnya kita mulai hari ini, (10/06/2021). Tapi kita persiapan dulu dengan PPK untuk bagaimana proses rekapitulasinya,” tambahnya.

Setelah selesai proses rekapitulasi di tingkat kecamatan, selanjutnya akan dijadwal proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kota. Jika melihat dari tahapannya, Ia menerangkan rekapitulasi tingkat kota dilaksanakan selama dua hari, yakni pada tanggal 15-16 Juni mendatang.

“Akan kita lihat lagi tahapannya menyesuaikan dengan rekapitulasi di tingkat kecamatan. Kalau sudah selesai kita lanjutkan tahapannya. Untuk tempat belum ada rencana dimana lokasinya,” pungkasnya.

Meski demikian, Akbar menilai, masyarakat sudah bisa melihat hasil perolehan sementara melalui website pilkada2020.kpu.go.id. Melalui situs tersebut diketahui penghitungan suara untuk di wilayah Banjarmasin Selatan telah rampung 100 persen.

Hasilnya paslon nomor urut 1 Sahbirin Noor – Muhiddin unggul sebesar 46.483 suara. Sedangkan paslon nomor urut 2 Denny Indrayana – Difriadi Darjat meraih 23.909 suara.

“Gambaran hasil sementara masih bisa jadi acuan. Sambil menunggu hasil rekapitulasi resminya. Mulai dari tingkat kecamatan dan kota,” tuntasnya.

Sekadar diketahui, di wilayah Banjarmasin Selatan terdapat 301 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 12 kelurahan.

Sedangkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terdaftar di wilayah Banjarmasin berjumlah 107.782 orang. (SU)

 572 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: