PTS Minta Perlakuan Sama dari Pemprov Kalsel

PTS Minta Perlakuan Sama dari Pemprov Kalsel

Suarindonesia – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan diharapkan memberikan perhatian yang sama terhadap Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di daerah ini. Karena selama ini, pelaku pengelola PTS bertujuan dan bekerja dalam pembangunan Sumber Daya Manusia.

Pemerintah Daerah juga jangan hanya memprioritaskan bantuannya untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau PTS karena ada unsur kedekatan saja. Karena dengan perlakuan yang sama, maka kemajuan bersama di bidang pendidikan pun akan dirasakan seluruh perguruan tinggi di Kalsel, baik negeri maupun swasta.

Harapan tersebut disampaikan Ketua Yayasan ZA Grup H Zairullah Azhar kepada wartawan, Selasa (4/12) usai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriyah di halaman Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bina Banua Banjarmasin.

“Saya berharap demikian, karena selama ini kita yang bekerja dibidang pendidikan ini, supaya mendapatkan perhatian dan bantuan yang dari Pemerintah Daerah,” ujar Zairullah.

Karena itu, mantan Bupati Tanah Bumbu Zairullah selaku ketua yayasan yang membina PTS, antara lain STIA Bina Banua, STIENAS Banjarmasin, STMIK Indonesia Banjarmasin, ATPN dan Akparnas berharap seluruh perguruan tinggi di Kalsel oleh Pemerintah Daerah diberikan perhatian yang sama.

Ia mencontohkan, misalnya dalam hal memberikan bantuan, maka semua diperhatikan dan dibantu, agar bersama-sama memajukan pendidikan di daerah ini. “Dengan kemajuan bersama, Insya Allah akan sangat signifikan memberikan dampak terhadap daerah,” katanya.

Zairulah menambahkan, tanpa ada perhatian dari Pemerintah Daerah, maka akan berat kemajuan yang diharapkan perguruan tinggi di Kalsel. Karena kendala kita sebagai perguruan tinggi swasta masih keterbatasan anggaran.

“Demikian juga Dosen mau sekolah terbatas anggaran. Kemudian untuk penelitian anggarannya juga terbatas,” tukasnya.

Sementara untuk keberlangsungan PTS ini, diharapkan uang dari para mahasiswa.“Kalau ada bantuan dari Pemerintah Daerah, Insya Allah sangat membantu PTS di Kalsel,” tandasnya.

Zairullah yang juga Ketua DPW PKB Kalsel ini memaklumi keberadaan perguruan tinggi ini sebenarnya menjadi domainnya Pemerintah Pusat, sementara SD/SMP itu kewenangan Kabupaten/Kota dan SMA/SMK kewenangan Provinsi.

“Tapi harapan kita, Pemerintah Daerah memberikan porsi perhatian yang khusus. Kita pun di PKB, imbuhnya, salah satu prioritas partai adalah pendidikan. Hal ini pun turut diperjuangkan wakil-wakil PKB di Provinsi.

Khusus terkait perhatian Pemerintah Daerah, menurut Zairullah, sepengetahuannya ada mendengar ada beberapa kampus yang menerima bantuan dalam jumlah besar, tapi bagi kampus lainnya tidak ada. Kalau pun ada bantuan, infonya paling banyak sekitar Rp30 juta per tahun. Hal inilah yang diharapkan supaya lebih diperhatikan.(SU)

 616 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: