PRAJURIT Lanal Banjarmasin Saling Tembak-Menembak dengan Penyerang Markas Hingga Pelaku Dilumpuhkan

PRAJURIT Lanal Banjarmasin Saling Tembak-Menembak dengan Penyerang Markas Hingga Pelaku Dilumpuhkan

SuarIndonesia – Prajurit Lanal Banjarmasin saling-menembak dengan orang penyerang markas hingga dilumpuhkan, Senin (14/6/2021).

Markas Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) Banjarmasin, berada di Jalan A Yani KM 3,500 Banjarmasin Timur, “diserang” teroris dan adanya aksi massa.

Ketika itu anggota TNI-AL saling tembak-menembak dengan sejumlah orang, yang keluar dari mobil.

Dan berakhir dengan dilumpuhkannya para pelaku.

Lainnya, ada aksi massa, dan anggota TNI AL ikut penngamanan.

Bahkan di laut ada kapal penarik tongkang, dimana para pelaku memotong jangkar, dan dicuri dikejar anggota.

Itulah gambaran silumasi uji keterampilan   dan kemampuan profesional prajurit sesuai tugas serta funginya dalam melaksanakan tugas menjaga Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dikatakan Danlanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla, maksud dan  tujuan ini disamping penilaian juga memang sebagai ajang uji keterampilan dan kemampuan profesional.

“Uji Terampil tingkat 1/P1 dititik beratkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan atau persenjataan,” ucapnya.

Sedangkan tingkat 2/P2 merupakan kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas bersama-sama secara teknis dan taktis sesuai tugas fungsi sehingga memberikan gambaran tentang kesiapan operasional satuan.

Sisi lain, pemeriksaan perangkat lunak atau Software dan uji tulis.

PDD Khas TNI AL meliputi prosedur pengibaran bendera dan penempatan pengawal, apel divisi jaga, penempatan penjagaan, ronda malam, jajar kehormatan dan vall reep.

Pada kegiatan simulasi Pertahanan Pangkalan, Lanal Banjarmasin bersinergi dengan Polda Kalsel dan Tim Jihandak Satbrimob dalam simulasi penanganan aksi teror dan sabotase.

Ini dalam rangka persiapan menghadapi Uji terampil Glagaspur (Gladi Tugas Tempur) Pangkalan tingkat P1, L2 dan tingkat P2 dan L2 Kolat Koarmada II, Prajurit Lanal Banjarmasin melaksanakan beberapa materi latihan.

Diantaranya PMK, Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI AL,  bongkar pasang senjata, menembak, dan peluit.

Kemudian evakuasi medis, bahaya anti teror dan sabotase, PHH (Penindakan Huru Hara) dan pertahanan pangkalan.

“Pelatihan dilaksanakan setahun sekali yang bertujuan untuk mengantisipasi dan mempersiapkan kemungkinan adanya bahaya ancaman serangan dari darat, laut maupun udara,” ujarnya.

“Selain itu juga kita punya satu Pasukan Anti huru-hara Lanal Banjarmasin, mereka melaksanakan tugasnya apabila ada yang melakukan demo secara anarkis serta siap menerjunkan penanggulangan bencana dan antisipasi aksi kejahatan lainnya,” pungkas Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla. (DO)

 

 

 

 

 

 1,004 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: