POLDA KALSEL Selidiki Dugaan Kejahatan Skimming Hingga Raibnya Uang Nasabah Bank Kalsel

SuarIndonesia – Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Mochammad Rifa’i mengatakan terkait kasus dugaan kejahatan skimming yang dialami sebanyak 90 lebih nasabah Bank Kalsel yang terjadi Senin 1 Agustus 2022, ternyata belum ada pelaporan ke Polda Kalsel

“Kita belum menerima laporan dari pihak bank Kalsel, terkait kasus itu,” ucapnya kepada awak media, Selasa (2/8/2022)

Menurutnya, kasus dugaan kejahatan skimming yang terjadi di Bank Kalsel merupakan kasus delik aduan.

Hingga sampai saat ini Rifa’i mengaku pihaknya dari Dit Reskrimsus masih memantau situasi, dan proaktif nanti akan bekerjasama dengan Bank Kalsel untuk menindaklanjuti.

Oleh karena itu, proses penyidikan juga harus sesuai dengan aduan.”Betul penyidikan harus sesuai dengan aduan Bank Kalsel sendiri,”katanya

Seperti diketahui, Skimming sendiri adalah tindakan kejahatan pencurian data pengguna ATM untuk membobol rekening.

Biasanya, untuk melancarkan aksi ini, pelaku kejahatan menggunakan alat khusus bernama scammer yang bentuknya mirip dengan mulut slot kartu ATM.

Berita kejadian kasus skimming ini dengan cepat tersebar melalui media sosial, sehingga nasabah langsung berbondong-bondong ke Bank Kalsel.

Sejak pagi, puluhan nasabah sebagian besar ASN yang dana di rekeningya berkurang berdatangan untuk melaporkan ke petugas Bank Kalsel.

Pihak Bank Kalsel sendiri langsung bergerak cepat dengan membentuk Tim Penanganan Skimming agar kasus tidak bertambah dan berkomitmen mengganti 100 persen dana nasabah yang hilang akibat kejahatan tersebut..

Direktur Bank Kalsel Hanawijaya menyatakan, akan membawa kasus ini secara hukum setelah pihaknya mendapat bukti lokasi pelaku skimming beraksi.

Pihaknya masih melakukan identifikasi melalui CCTV yang ada di ATM Bank Kalsel. “Setelah melakukan identifikasi dan menemukan lokasi tempat pelaku melakukan skimming baru melaporkan secara hukum,” katanya kemarin. (HM

 553 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!