PERPUSTAKAAN KONTAINER Segera Lengkapi Taman Kamboja

PERPUSTAKAAN KONTAINER Segera Lengkapi Taman Kamboja

SuarIndonesia – Upaya mempercantik Kota Banjarmasin kini terus dilakukan. Bahkan ruang Terbuka Hijau (RTH) Kamboja, Jalan Anang Adenansi tidak lama lagi akan berdiri bangunan perpustakaan yang dibuat dari kontainer.

“Progres perpustakaan ini dipastikan rampung sebelum akhir tahun,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin Drs H Mukhyar.

Ia mengatakan, pembangunan taman baca tersebut merupakan kerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Banjarmasin. Tujuannya sebagai sarana baca masyarakat dan meningkatkan masyarakat senang membaca.

Jadi, katanya, anggaran untuk pembangunan taman baca sekaligus perpustakaan itu sudah termasuk dalam anggaran pembangunan lanjutan RTH Kamboja sebesar Rp6 miliar dari APBD 2019.

Mukhyar menargetkan, bawah pengerjaan itu akan selesai pada akhir tahun nanti. “Saat ini masih terus berproses. Selain taman baca pengerjaan juga ada taman bermain, termasuk toilet, dan banyak yang lain,” papar Mukhyar.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mukhyar, mengatakan, pembangunan taman baca tersebut merupakan bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip.

Menurut Mukhyar, anggaran pembangunan taman baca sekaligus perpustakaan ini sudah termasuk dalam anggaran pembangunan lanjutan RTH Kamboja sebesar Rp6 miliar dari APBD 2019. Khusus untuk pengerjaan kontainer baca akan selesai pada akhir tahun 2019.

“Saat ini masih terus berproses. Selain taman baca pengerjaan juga ada taman bermain, termasuk toilet, dan banyak lagi yang lain,” pungkasnya.

Dikatakan, bagian pengerjaan kontainer, kontraktor pembangunan lanjutan RTH Kamboja, Nanang mengungkapkan, pengerjaan perpustakan itu ditargetkan memakan waktu dua bulan.

Bahkan kontainer ini dibuat bertingkat, dan bakal dipermak sedemikian rupa, dari pengecatan, pemasangan pintu, jendela, serta pembuatan teras di bagian atas.

“Jadi ini memang dibuat bertingkat. Nanti dibuatkan tangga di bagian luar. Dan yang pasti ber AC, kalau tidak pasti panas,” ucapnya.

Nanang mengatakan kontainer dibeli dari gudang kontainer yang ada di Pelabuhan Trisakti, Kota Banjarmasin. Namun dia tak bisa menyebut berapa harga kontainer tersebut. “Kalau harga saya tidak tahu. Saya cuma ngerjain,” katanya.

Dia melanjutkan, di sekitar perpustakaan akan dibuatkan tempat bersantai yang bisa digunakan bagi pengunjung.

“Kalau di bagian dalam dibuatkan untuk rak buku, dan keperluan lainnya,” jelasnya.(SU)

 544 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!