PERKUMPULAN Penyandang Disabilitas, Rekomandasikan ke Dewan Kalsel Agar Bisa Diperhatikan

PERKUMPULAN Penyandang Disabilitas, Rekomandasikan ke Dewan Kalsel Agar Bisa Diperhatikan

SuarIndonesia – Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kalsel, rekomandasikan ke Dewan Kalsel, agar mengingatkan pemerintah untuk berikan perhatian kepada penyandang disabilitas.

Mengenai Perda no.4 th 2019 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas dinilai masih belum rasakan manfaatnya bagi penyandang disabilitas.

“Kami berharap perda ini dapat diimplementasikan oleh pemerintah dan benar-benar dirasakan manfaatnya bagi kaum difabel,”

Hal ini dikatakan Ketua Dewan Penyandang Disabilitas indonesia Kalsel Muhammad Ansyari kepada awak media, Senin (12/7/2021)

Anshori juga mengatakan selain Perda, menurut UU Nomor 8 tahun 2016 tentang pekerjaan yang merekrut penyandang disabilitas. Sesuai UU diharuskan merekrut penyandang difasilitas untuk di BUMN sebesar 2 persen dan BUMD sebesar 1 persen.

“Perda ini kan secara bertahap, bukan berarti tidak berjalan, Insya Allah hal ini dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Anggota Komisi IV DPRD Kalsel, Asbullah mengatakan perda tersebut memang bersentuhan langsung dengan teman teman yang menyandang disabiltas.

“Ternyata masih ada yang belum merasakan manfaatnya,” katanya.

Oleh karena itu, perda dibuat harus beriringan dengan diterbitkannya Peraturan Gubernur (Pergub) yang semesti sebagai aturan pelaksanaan.

Asbullah mengatakan, seharusnya banyak pergub-pergub sebagai aturan pelaksanaan Perda. “Aturan regulasi bisa dibuat, sehingga Perda bisa mereka rasakan manfaatnya,” katanya.

Menurut dia, dengan penyampaian informasi dari DPDI tersebut, DPRD Kalsel dapat menjadi perpanjangan tangan untuk lebih mengawal terealisasinya perda.

“Sehingga manfaat tersebut dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat, khususnya penyandang difabilitas,” bebernya.

Lanjutnya, terkait rekrutmen pekerjaan penyandang difabilitas lebih diperhatikan, sehingga dapat terpenuhinya perda yang telah dibuat.

“Kami akan melanjutkan lagi hasil rapat ini dengan SKPD terkait dan pihak lain,” imbuhnya. (HM)

 166 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: