PENIPU-PENGHIPNOTIS Bermodal Tetap Lulur Nyaris Bawa kabur Perhiasan Emas Korbannya

SuarIndonesia – Penipu dan penghipnotis berinisial BH (59), tak berbutik tertangkap tangan oleh warga Jalan HKSN Komplek Surya Gemilang Banjarmasin Utara, Sabtu (16/5/2022).

Tersangka, warga Jalan Kelayan Kecil Gang Haur Kuning RT 16 Banjarmasin Utara, diamankan berssma barang bukti dua buah tempat luluran.

Kemudian dua cincin emas masing-masing seberat 5 gram, satu buah kalung emas seberat 10 gram milik korban berinisial NM warga Jalan Karya Sabumi VII Komplek Kejaksaan RT 17 Banjarmasin Utara.

Kapolsekta Banjarmasin Utara, Agus Sugianto melalui Kanit Reskrim, Ipda Sudirno, saat dikonfirmasi Minggu (17/7/2022), membenarkan telah mengamankan tersangka bersama barang bukti dan dikenakan pasal 363 ayat 1 ke-4 atau 378 KUHP

Dari kronologis, pada saat itu tersangka tak sengaja bertemu korban, yang awalnya meminta tolong kepada korban untuk mengantarkan tersangka menemui orang alim bernama Guru Muhammad (masih dalam pencarian) di Makam Sultan Suriansyah, dan tersangka  berpura-pura berasal dari Sungai Danau.

Kedatangan tersangka ingin bertemu tuan guru agar di doakan uang miliknya menjadi berkah.

Korban pun bersedia membantu namun saat bertemu orang disebut guru tadi, diduga sudah kena hipnotis.

Anehnya, korban agar bisa juga didoakan, syaratnya harus melepaskan perhiasan emas miliknya serta di masukan ke dalam tempat lulur .

Saat korban lengah tersangka menukarkan tempat lulur berisikan emas tadi dengan tempat lulur yang tidak ada emasnya, dan  diserahkan kembali pada korban, dan diminta tidak boleh membuka sampai hari Senin.

Setelah itu korban diantar pulang oleh tersangka sedangkan pelaku lainnya bernama Guru Muhammad tadi pergi duluan.

Dalam perjalanan mengantar korban pulang ketika itu tersangka berpura-pura kehabisan bensin dan menyuruh korban untuk turun dari motornya.

Tapi korban mulai curiga dengan gelagat tersangka dan sadar bahwa dirinya telah ditipu langsung menahan motor dan berteriak-teriak minta tolong.

Sehingga warga berdatangan dan salah satu warga yang datang adalah petugas kepolisian, disaat itulah mengembalikan tempat lulur yang berisikan emas milik korban.

Tersangka kemudian digiring ke Polsek Banjarmasin Utara, guna proses hukum lebih lanjut. (DO)

 4,340 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!