PELIHARA Sungai dan Drainase Sambut Musim Hujan, Perlu Bantuan Warga

PELIHARA Sungai dan Drainase Sambut Musim Hujan, Perlu Bantuan Warga

SuarIndonesia – Guna menyambut musim penghujan yang sering menjadi pemicu banjir di Banjarmasin, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mengajak masyarakat menjaga dan memelihara sungai dan drainase secara keseluruhan di kota Baiman ini.

Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Ir H Arifin Noor mengatakan saat ini Dinas PUPR sedang memaksimalkan upaya pencegahan banjir pada saat musim hujan tiba nanti, pihaknya mengajak masyarakat untuk memelihara sungai dan drainase di Banjarmasin.

“Memang PUPR tidak sendirian, harus ada kolaborasi bersama masyarakat, karena itu kita adakan sosialisasi ini, guna memberi pemahaman kepada masyarakat untuk senantiasa memelihara sungai dan drainase dari segala macam pencemaran,” ucapnya di sela Sosialisasi Pengelolaan dan Penataan Sungai dan Drainase di Aula Kecamatan Banjarmasin Timur, Rabu (9/10).

Dipaparkan Arifin, dalam upaya pencegahan banjir di Kota Banjarmasin perlu untuk melakukan 3 program yakni pemeliharaan bantaran sungai, kemudian normalisasi sungai berupa pengerukan sungai yang mengalami pendangkalan dan pemeliharaan masyarakat setempat.

“Khusus poin yang ketiga ini kita sosialisasikan hari ini, bagaimana masyarakat kita bisa menjaga kebersihan sungai maupun drainase, supaya saat hujan tidak ada lagi sungai yang dangkal maupun drainase yang ngadat,” bebernya.

Sementara itu, soal sosialisasi di Kecamatan Banjarmasin Timur diakui Arifin merupakan sosialisasi yang kesekian kalinya setelah Banjarmasin Utara dan Kecamatan Banjarmasin Tengah dan saat ini dilaksanakan di Aula Lantai 2 Kecamatan Banjarmasin Timur.

“Selanjutnya setelah ini kita akan lakukan lagi di Kecamatan Banjarmasin Selatan dan yang terakhir nanti Banjarmasin Barat,” singkatnya.

Sedangkan pemateri yang hadir saat sosialisasi selain mantan Plt Sekda Kota Bajarmasin Drs H Hamdi yang merupakan pengamat lingkungan juga menghadirkan dari Malingai dan semuanya mengupas musim hujan mudah terjadi genangan air di Banjarmasin.(SU)

 248 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!