Pelamar CPNS Kemenkumham Mencapai 68.860 Orang.

Pelamar CPNS Kemenkumham Mencapai 68.860 Orang.

Suarindonesia – Minat masyarakat mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran (T.A) 2018 di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia sangat tinggi mencapai 68. 860 orang.

Adapun jumlah tersebut menjadikan Instansi Kemenkumham RI sebagai Top 5 (lima) disusul dengan Kementerian Agama 34.388 oran, Kejaksaan Agung 7.924 orang, Kementerian ATR/BPN 6.565 orang dan Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia 6,005 orang peminat.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Republik Indonesia sampai dengan Jum’at (5/10/2018) malam, sebanyak 1.108 dokumen lamaran khusus pelamar tingkat SLTA sederajat yang dikirimkan melalui Po.Box 111/BJM 7000 telah diterima Panitia Seleksi Daerah (Panselda) CPNS TA 2018 Kemenkumham Kalsel dan dipredeksi akan bertambah sampai dengan akhir batas waktu pendaftaran.

Sementara itu, Kepala Biro Kepegawaian Kemenkumham Kalsel, Muhammad Arifin menginstruksikan kepada Panda untuk mengambil langkah-langkah yaitu diantaranya segera melakukan koordinasi dengan pihak kantor pos untuk memperpanjang sewa PO BOX sampai dengan tanggal 16 Oktober 2018 pukul 24.00 waktu setempat, segera menambah jumlah personil verifikator dan fasilitas komputer serta sarana pendukung lainnya (Kita yang menunggu berkas bukan berkas yang menunggu Kita).

Sekretaris Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Kemenkumham Kalsel, Rakhmat Renady menyampaikan bahwa akan melaksanakan instruksi dari Pansel Nasional CPNS Kemenkumham RI dan tetap semangat untuk proses seleksi yang lebih profesional, akuntabel, sinergis, transparan, dan inovatif.

Ia menambahkan ihwal panitia akan melayani masyarakat calon pelamar dengan baik mengingat dengan banyaknya pendaftar online merupakan momen untuk memperoleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkualitas sesuai kebutuhan organisasi.

“Karena saat ini jumlah peminat sangat besar ditambah lagi dengan adanya perpanjangan waktu,” pungasnya.

Pada penerimaan CPNS tahun ini Kementerian Hukum dan HAM mendapatkan formasi sekitar 2000 orang se-Indonesia. Akan tetapi, Kalimantan Selatan mendapatkan formasi sekitar 57 orang. Adapun rincian sebagai berikut yaitu pengelola keuangan sejumlah 2 orang untuk penempatan Kanim Klas I Banjarmasin dan Kanim Klas II Batu Licin. Penjaga tahanan sejumlah 43 orang dengan penempatan di Rutan Klas IIB Tanjung dan Lapas narkotika kelas IIB Martapura.

Selain itu , diperlukan juga jabatan sebagai analisis perencanaan evaluasi dan pelaporan, analisis kepegawaian ahli pertama, penata keuangan, kustodian Kekayaan Negara, analisis hukum, pengelolaan teknologi informasi masing-masing dibutuhkan sebanyak dua orang.

Adapun persyaratan yang dibutuhkan untuk formasi umum dengan kualifikasi pendidikan SLTA sederajat yaitu surat lamaran ditujukan kepada Menteri Hukum dan hak asasi manusia RI di Jakarta diketik menggunakan komputer bermaterai Rp Rp6.000 dan ditandatangani Dengan pena bertinta hitam yang (asli format surat lamaran dapat diunduh di portal http://sscn.bkn.go.id dan atau portal http://CPNS.kemenkumham.go.id), fotokopi kartu tanda penduduk KTP atau foto copy surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan dinas kependudukan dan Catatan Sipil atau Kecamatan bagi yang belum memiliki e-ktp, apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat e-ktp yang bersangkutan harus membuat surat keterangan dari lurah atau kepala desa yang menyatakan bahwa bersangkutan telah berdomisili di tempat tersebut (fotokopi), photocopy ijazah atau STTB dan fotocopy daftar nilai transkrip yang terdapat pada ijazah atau STTB SLTA sederajat (ijazah dan daftar nilai atau transkrip nilai harus berbahasa Indonesia), foto copy surat penyetaraan ijazah dan transkrip nilai dari Kemendikbud (lulusan luar negeri) atau Kementerian Agama (lulusan pesantren) dan surat pernyataan harus diketik menggunakan komputer ditandatangani di atas materai 6000 oleh pelamar dengan pena berwarna hitam (asli format surat lamaran dapat diunduh di portal http://sscn.bkn.go.id dan atau portal http://CPNS.kemenkumham.go.id). (AR)

 300 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: