PAWAI ONTEL dan Tabur Bunga di HUT ALRI Divisi Kalimantan

PAWAI ONTEL dan Tabur Bunga di HUT ALRI Divisi Kalimantan

SuarIndonesia – Ketua Dewan Harian Daerah Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan 45 (DHD 45) Kalsel, Abdul Haris Makkie, di Taman Siring Nol Km Banjarmasin, Senin (17/5/2021), melepas puluhan pesepeda ontel lengkap berpakaian ala pejuang.

Pesepeda mengayuh ontel menuju makam Brigjen H. Hasan Basri, di Liang Anggang, Banjarbaru, dalam rangkaian HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Ke-72 yang setiap tahun jatuh pada tanggal 17 Mei.

Sesampainya di makan pahlawan nasional asal Kalsel, tersebut rombongan ontel bergabung dengan Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA.

Safrizal memimpin ziarah dan upacara penghormatan dan tabur bunga.

Dikatakan Safrizal, Peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Ke-72 merupakan bentuk dukungan dan kekuatan dari daerah untuk proklamasi kemerdekaan RI.

Dukungan tersebut untuk memperkokoh kesatuan dan persatuan Republik Indonesia yang saat itu baru saja terbentuk.

“Proklamasi ini merupakan bagian daripada memperkokoh proklamasi Republik Indonesia yang disampaikan¬† Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Kalsel,” ujarnya.

Selain ziarah dan tabur bunga, peringatan juga diisi dengan penyerahan bingkisan atau tali asih kepada veteran Kalsel dan penjaga makam pahlawan secara simbolis.

Penerima bingkisan atau tali asih terdiri dari 12 orang veteran, 20 orang janda veteran, 1 orang janda perintis kemerdekaan, dan 3 orang keluarga pahlawan nasional.(RW)

 309 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: