MUSIBAH Truk ‘Terjun Bebas”, Tim Gabungan Terus Menyisir Cari Korban

MUSIBAH Truk ‘Terjun Bebas”, Tim Gabungan Terus Menyisir Cari Korban

SuarIndonesia – Tim Gabungan masih melakukan penyisiran untuk menemukan serta mengangkat mobil truk puso yang ‘terjun bebas” di Sungai Barito depan Dermaga 100 Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (12/9/2021).

Termasuk upaya menemukan dua orang korban yang diduga terbawa arus tenggelam.

Dimana para korban yang selamat dalam musibah ini antara lain, Suparman (42), s eorang Sopir, warga Desa Jampes Kecamatan Pati Kabupaten Nganjuk Jawa Timur.

Para penumpang yakni Sumiran (40), warga Desa Karang Rejo Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, Sarmianto (42), warga Kecamatan Ngetos Desa Plodan Betek Kabupaten Nganjuk Jawa Timur
Nanang Sucipto (35 ), warga Desa Winong Dusun Badur RT 38 Madiun Jawa Timur.

Herminto (30), warga Trenggalek Jawa Timur, mengalami luka Patah Kaki kiri, Haryono (36), warga Trenggalek Jawa Timur, Fredy Adi Sasongko (24) Trenggalek Jawa Timur,

Sedangkan dua orang yang belum ditemukan tersebut antara lain Adi Mustofa (30), warga Trenggalek Jawa Timur, dan Sadir (35), Trenggalek Jawa Timur, masih pencarian.

Dimana tim penyisiran tersendiri antara lain Polsek Kawasan Pelabuhan dan Laut (KPL) Banjarmasin, Satuan Polisi Air dan Udara (Satpol Airud) Banjarmasin, TNI AL dan Basarnas.

Peristiwa ini terjadi Sabtu malam (11/9/2021), sekitar pukul 21.00 WITA, saat itu Truck Fuso Nomor polisi S 8795 UX bermuatan puluhan ton besi rongsokan tercebur ke Sungai Barito.

Mengakibatkan satu orang sopir penumpangnya ikut tercebur di sungai tersebut.

Melihat kejadian ini para keamanan di pelabuhan Trisakti Banjarmasin, langsung melakukan pertolongan terlebih dulu, sehingga tujuh orang dapat diselamatkan beserta sopir truk.

Mereka langsung dibawa ke Kantor Mapolsek Kawasan Pelabuhan dan Laut (KPL) Banjarmasin, guna dimintai keterangan dengan terkaitannya, lalu dua orang masih belum ditemukan.

Komandan Regu (Danru) Tim Basarnas Banjarmasin, Endrow Sasmita mengatakan, kondisi badan truk saat ini berada dikedalaman 8 sampai 10 meter, posisinya sebagian ban sudah terendam lumpur.

Sehingga pengangkatan secara manual sudah tidak mungkin dilakukan, ada juga beberapa faktor cukup membuat terkendala proses evakuasi badan truk tersebut, jarak pandang sungai Barito yang pendek membuat proses evakuasi terkendala.

“Kita tahu ya karakter sungai barito yang visibility nya terbatas, jadi di bawah kita tidak bisa melihat, hanya meraba saja

Dari observasi terhadap truk, pihaknya terus berusaha menemukan titik kait yang tepat untuk tali sling, guna proses pengangkatan bangkai truk yang berada di dasar sungai.

Kesulitan kita saat ini memang mengaitkan slingnya ke sasis truk. Kita upayakan hari ini bisa terangkat, berat beban badan truk beserta muatan yang diangkut berkisar 30 sampai 35 ton,” tambahnya.

Adapun untuk korban yang selamat, masih dilakukan perawatan di fasilitas medis di Kota Banjarmasin, tiga orang dirawat di Rumah Sakit (RS) Suakan Insan, emoat orang kemarin masih dimintai keterangan rekan-rekan kepolisian.

Kapolsek KPL Banjarmasin, AKP Aryansah SIk, melalui Kasi Humas, Aiptu Herjani, saat dikonfirmasi Minggu (12/9/2021), bahwa tim gabungan masih melakukan penyisiran mengenai dua orang diduga tenggelam. (DO)

 

 1,290 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: