MULAI Beroperasi Angkutan Masa dengan Skema BTS

Bagikan :
MULAI Beroperasi Angkutan Masa dengan Skema BTS

SuarIndonesia – Sejak 1 Februari 2022 bus angkutan massal dengan skema buy the service (BTS) mulai beroperasi rute terminal Km 6 Banjarmasin – Handil Bakti – Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Layanan BTS rute tersebut dilengkapi dengan 15 bus. Waktu tunggu penumpang antara 5 sampai 10 menit. Direncanakan BTS akan beroperasi dengan 105 unit bus, sehingga rute lainnya juga akan terlayani.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kalsel, Rusdiansyah, menjelaskan pihaknya masih menunggu 90 unit bus yang akan dikirim oleh Kementerian Perhubungan untuk melengkapi layanan BTS.

“Saat ini ada 15 bus yang melayani koridor tiga dengan waktu tunggu penumpang 5 sampai 10 menit, meskipun bus tidak penuh tetap harus berangkat,” katanya.

Ia mengajak masyarakat Kalsel untuk memanfaatkan layanan angkutan massal, baik bus BTS maupun BRT yang telah beroprasi terlebih dahulu.

Tarif, BTS masih gratis, hingga terbitnya regulasi.“Mudahan-mudahan program transportasi massal ini dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam rangka bertransportasi yang aman,” ujarnya.

Operasional BTS sejatinya melayani empat, yaitu Terminal KM 17 – Terminal Simpang Empat, Taman Siring KM 0 Banjarmasin – Terminal KM 17, Terminal Handil Bakti – Terminal KM 6 – Simpang Empat Jalan Trans Kalimantan, dan Terminal KM 17 Gambut Barakat – Simpang 3 Bentok (bundaran lik-Liangangang).

Sebagian koridor lainnya yaitu Terminal Km 17 – Bandara dan Terminal Km 17 – Masjid Alkaromah Martapura akan menjadi jalur BRT milik Pemprov Kalsel.

Dari 10 koridor angkutan massal di kawasan Banjarbakula masih terdapat 3 koridor yang belum terlayani. Koridor yang belum masuk yaitu Terminal Km 17 – Pelabuhan Trisakti, Handil Bakti – Marabahan, Batibati – Pelaihari, dan Masjid Alkaromah – arah Mataraman.(RW)

 475 kali dilihat,  6 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.