“MINUM BBM” Truk Sampah Diganjar 4 Tahun Penjara

SuarIndonesia -“Minum” BBM (Bahan Bakar Minyak) truk sampah diganjar 4 Tahun penjara.

Itulah dialami terdakwa Zulkarnain yang kini sudah purna tugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan .

Ia diganjar 4 tahun penjara, oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Banjarmasin.

Putusan majelis disampaikan Ketua majelis Jamser Simanjuntak yang didampingi hakim A Gawie dan Arif Winarno, pada sidang lanjutan di pengadilan tersebut, kemarin.

Selain itu terdakwa dibebani membayar denda Rp200 juta subsdiari sebulan kurungan serta membayar uang pengganti Rp 310.828.560.00. Bila tidak dapat dibayar maka kurungannya bertambah tujuh bulan.

Dibandingkan dengan tuntutan JPU Windra Setiawan dari Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu, vonis majelis ini lebih tinggi.

JPU menuntut terdakwa selama dua tahun. Selain itu membayar uang pengganti Rp 310 juta lebih bila tidak dapat membayar kurungannya bertambah setahun.

Sedangkan pasal yang dikenakan baik JPU maupun majelis hakim tidak berbeda yakni terdakwa bersalah melanggar pasal 3 ayat (1) UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 64 ayat (1) KUHP, seperti pada dakwaan subsidiarnya.

Terdakwa yang diseret ke depan meja hijau pengadilan tersebut, karena memanipulasi bahan bakar untuk truk sampah di tempat ia bekerja.

Akibat perbuatannya tersebut berdasarkan perhitungan terdapat unsur kerugian negara sebesar Rp 310.828.560.00.

Dari para saksi sopir tersebut mereka mendapatkan jatah perminggu Rp 300.000, tapi ada juga yang mendapatkan Rp 250.000.

Menurut JPU terdakwa kerugian negara ratusan juta tersebut berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan oleh BPKP perwakilan propinsi Kalsel .

Disebutkan, kalau dana pembelian BBM yang dikelolanya dipergunakan sekehandak hati terdakwa, sehingga para sopir truk sampah tidak memdapat jatah dana pembelian BBM dengan semestinya dan sisa dana yang ada pada pada terdakwa digunakann untuk kepentingan pribadi.

Selain itu penggunaan tidak didukung dengan bukti pertanggungjawaban yang jelas, lengkap dan sah.(HD)

 301 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!