MEMPRIHATINKAN 30 Tahun Warga Konsumsi Air tak Layak, Akhirnya PT Jhonlin Baratama dan Kodim 1022 Serahkan Tandon Air Bersih

SuarIndonesia – Setelah selama 30 tahun warga konsumsi air tak layak, kini akhirnya berkat bantuan PT. Jhonlin Baratama dan Kodim 1022 Tanbu (Tanah Bumbu), bisa menikmati setelah diserahkan tandon air bersih 10 ribu Liter.

PT Jhonlin Baratama (JB), anak perusahaan Jhonlin Group, melalui program corporate social responsibility (CSR) bekerja sama dengan Kodim menyerahkan penggunaan tandon air bersih berkapasitas 10 ribu liter kepada masyarakat Kampung Sungai Tajur, Desa Gunung Meranti, Tanbu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dari keterangan, tandon 10 ribu liter air bersih yang dibangun sekitar 1,5 bulan di Kampung Sungai Tajur dengan biaya Rp175 juta itu, bakal dimanfaatkan sekitar 150 kepala keluarga Desa Gunung Meranti.

Kampung Sungai Tajur dulu merupakan bagian dari Desa Sungai 2 yang sekarang sudah pemekaran menjadi Desa Gunung Meranti, di mana mayoritas masyarakat merupakan petambak udang dan ikan.

“Kami berharap bisa membantu masyarakat yang selama ini kesulitan dalam mendapatkan air bersih.

Tandon ini mohon tidak hanya dipakai tapi juga dipelihara. Dan kami juga berharap kehadiran Jhonlin Group bisa dirasakan oleh masyarakat, khususnya yang berada di sekitar area proyek,” kata Daud Kala Bombang, Direktur PT Jhonlin Baratama, saat serah terima tandon di Tanah Bumbu, Jumat (9/9/2022).

Penyerahan kepada masyarakat turut dihadiri Komandan Kodim 1022/Tanah Bumbu Letkol Inf Aldin Hadi, SH, MTr (Han), Kepala Desa Sungai 2 Ibnu Salam, CSR Jhonlin Group Ali Khalid Atmanagara, serta CSR PT JB Hadrani.

“Dengan adanya tower air bersih ini, saya berharap bisa membantu warga untuk mendapatkan air bersih.

Saya juga berharap tower dirawat dengan baik sehingga bisa dinikmati bersama-sama selamanya,” kata tambah Letkol Inf Aldin Hadi.

Sementara menurut H Jamaluddin, warga RT 10 Kampung Sungai Tajur, selama hampir 30 tahun warga setempat meminum dan menggunakan air yang tidak layak.

“Namun karena tidak punya pilihan, air tetap kami gunakan. Air tersebut kami dapatkan dari kolam-kolam terdekat.

Ada juga dari sumur yang kami gali meski tidak menghasilkan air yang bersih,” katanya

Oleh sebab itu, H Jamaluddin mewakili warga menyampaikan terima kasih atas bantuan tandon air bersih 10 ribu liter dari PT JB dan Kodim 1022/Tanah Bumbu.

“Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada Kodim 1022/Tanah Bumbu yang bekerja sama dengan PT Jhonlin Baratama membangun tower air untuk kami.

Sebab selama ini kami tidak tahu harus ke mana lagi untuk meminta bantuan,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Sungai 2 Ibnu Salam.“Kami sangat beterima kasih dengan dibantunya pembangunan tower air bersih. Warga Kampung Sungai Tajur sekarang mudah mendapatkan air bersih,” kata Kades.

Sementara itu, CSR Jhonlin Group Ali Khalid Atmanagara menegaskan bahwa pembangunan tandon 10 ribu liter air bersih merupakan hasil mediasi antara PT JB bersama Kodim 1022/Tanah Bumbu dengan masyarakat di sekitar perusahaan.(*/ZI)

 1,565 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!