Mata Pelajaran PMP akan Diajarkan Lagi

Mata Pelajaran PMP akan Diajarkan Lagi

Suarindonesia – Rencana pengembalian mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) disambut baik oleh Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin.

Mata pelajaran yang banyak mengajarkan moral, pendidikan karakter dan keutuhan pancasila ini dianggap sangat penting, kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto.

Totok mengaku saat ini menunggu kepastian dari Kemendikbud. Apabila sudah dipastikan. mata pelajaran tersebut segera disosialisasikan dan masuk di kurikulum sekarang.

“Mata pelajaran PMP ini penting apalagi pelajaran ini bagus untuk penanaman karakter siswa itu sendiri,” ujar Totok Agus Daryanto di sela-sela menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kepada awak media, Selasa (27/11/2018) siang.

Totok melanjutkan, pelajaran PMP sebenarnya ada di beberapa mata pelajaran lain seperti, PPKN, bahasa indonesia, tapi tidak dikhususkan pada satu mata pelajaran. Mungkin karena Kementerian menganggap PMP penting diajarkan secara khusus lagi, pihaknya selaku Dinas Pendidikan wajib mengikuti apabila sudah ditetapkan.

“Kami mengikuti sesuai arahan Kementerian, apabila kembali diajarkan ya kami ikuti saja. Karena sebenarnya PMP itu bagus untuk membentuk karakter peserta didik,” ungkap Totok.

Totok mengatakan PMP yang merupakan mata pelajaran kurikulum 1975 ini mungkin saja akan ditambah apabila masuk di kurikulum sekarang. Atau juga masih tetap sama seperti yang dulu.

Menurut Totok, PMP tersebut sangat efektif diajarkan ke sekolah-sekolah tingkat SD dan SMP sama seperti yang dulu. Sebab, di usia itu mudah diberi masukan dari hal hal yang moral dan karakter.(SU)

Totok menceritakan Rencana pengembalian mata pelajaran PMP tersebut sebelumnya dikatakan oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Supriano, Senin (26/11).

“Ini masih dalam pembahasan belum jelas apakah ada pengurangan atau penambahan dalam materi PMP yang baru atau yang dulu,” demikian Kepala Dinas Pendidikan Kota Barjarmasi Drs Totok Agus Daryanto.(SU)

 229 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: