KPU Izinkan Pindah Pilih Peserta Pemilu hingga 17 Februari

KPU Izinkan Pindah Pilih Peserta Pemilu hingga 17 Februari

Suarindonesia – Peserta Pemilu yang sudah terdaftar dan memiliki hak pilih dalam pemilu 17 April, diizinkan untuk menguru pindah hingga 17 Fabruari mendatang. Karena itu dengan sisa waktu tersebut diharapkan untuk memanfaatkan sebaik-baiknya.

Kemudian KPU juga menerima pengurusan pindah pilih bagi peserta di luar daerah maupun dalam daerah bisa menggunakan Watch Apps. Karena itu jangan khawatir tidak bisa memilih meski berada diluar daerah. Pasalnya, KPU mempermudah layanan soal pindah hak pilih tersebut.

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Khairunnizam SH mengatakan, hanya dengan menunjukkan e-KTP kepada pihaknya, pemilih yang berdomisi di luar Banjarmasin bisa saja melakukan pencoblosan di Banjarmasin.

Syaratnya, warga terdaftar sebagai pemilih hanya saja nanti warga pemilih nanti tidak mendapatkan hak memilih legislatif daerah asalnya.

“Misal warga Surabaya ingin memilih di Banjarmasin, warga hanya bisa memilih Presiden dan DPR saja,” katanya dalam jumpa pers di aula Kantor KPU Banjarmasin, Sabtu (9/2) sore.

Nakun demikian, pendaftaran pindah pilih itu dibatasi hingga 17 Februari mendatang. Karena pindah pilih tidak hanya antardaerah maupun provinsi, namun antarkecamatan juga bisa.

“Intinya warga negara Indonesia di mana pun berada tetap bisa memilih Presiden, DPR RI, asal mendaftar sebelum 17 Februari 2019 ini,” katanya.

Khusus terkait pendaftaran ini juga dipermudah KPU dimana pendaftaran bisa melalui watch apps (WA) 0811 5034 878, 087816258585.

Jadi, katanya, bagi warga tidak perlu bolak-balik, cukup melalui WA juga bisa mendaftar tapi sesuai dengan ketentuan.

KPU Kota Banjarmasin menetapkan ada 423.392 jumlah pemilih untuk 1.870 Tempat Pemungutan Suara (TPS) se Banjarmasin. 208.942 pemilih laki-laki dan 214.450 pemilih perempuan dengan total keseluruhannya sebanyak.

Sementara jumlah surat suaranya ada dua juta dua ratus ribu ini diperkirakan akan datang bulan Maret karena sekarang masih proses cetak.

“Jumlah surat suara itu nanti akan dilakukan pelipatan di gedung Fakultas Fisip ULM,” demikian Ketua KPU Khairunizam yang didampingi Rahmiyati Wardah Komisioner Bagian Progam dan Data.(SU)

 159 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: