KETUA DPRD Sependapat Usulan Massa KAKI Kalsel dan Tandatangani Rekomendasi Menggelar Aksi Serupa di Pusat

Bagikan :
KETUA DPRD Sependapat Usulan Massa KAKI Kalsel dan Tandatangani Rekomendasi Menggelar Aksi Serupa di Pusat

SuarIndonesia – Ketua DPRD Kalsel H Supian HK sependapat usulan dari massa KAKIi Kalsel dengan randatangani rekomendasi menggelar aksi serupa di Pusat.

“Apa daerah kita hanya menikmati bencana dari Pemerintah pusat,” ujar Ketua  Komite Anti Korupsi Indonesia (Kaki) Kalsel, A Husaini, ketika aksi di depan gedung DPRD Kalsel di Jalan Lambung Mangkurat, Senin (15/11/2021).

Ia juga menuntut agar DPRD Kalsel melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), terkait mengalihkan kewenangan pengelolaan tambang ke pusat.

Kini ada 400 lebih izin usaha pertambangan di Banua, ditambah ada delapan perusahaan tambang yang pegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B).

“Sebelum izin tambang diboyong ke pusat, banyak masyarakat yang sejahtera karena untungnya juga dibagikan ke para guru honorer,” bebernya.

Dari semuam  massa KAKI mendesak DPRD dan Pemerintah untuk mengugat Kementerian ESDM di Mahkamah Konstitusi agar aturan tersebut dikembalikan ke Daerah. Sama yang dilakukan oleh beberapa Provinsi lain.

Sedangkan  H Supian HK punya ungkapan  sama dan merasa setelah otoritas tambang ditarik Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga menyusut.

Bahkan ia menjadikan usulan dan aspirasi yang disampaikan menjadi dasar untuk disampaikan di Pusat..” Kami setuju,” ucapnya seraya sebelum aksi bubar meminta tandatangan Ketua DPRD Kalsel sebagai rekomendasi untuk kembali aksi. (ZI)

 251 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!