Keceriaan Anak-anak di Palu Bersama Tim `Trauma Healing’ Polda Kalsel

Keceriaan Anak-anak  di Palu Bersama Tim  `Trauma Healing’  Polda Kalsel

Suarindonesia – Pasca bencana gempa dan tsunami di Kabupaten Sigi, Donggala, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) prioritas saat ini adalah mengembalikan semangat para korban gempa yang sedang trauma dengan membuat kegiatan-kegiatan yang menggembirakan.

Salah satunya dilakukan Tim `Trauma Healing’ Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) dan mendapat sambutan positif.

Tak hanya anak-anak menjadi ceria, namun juga para orang tua yang ada di pengungsian merasa mendapat perhatian serta kegembiraan dengan kehadiran tim Polda Kalsel ini. Mereka bermain bersama, dengarkan dongeng serta kegiatan lainnya.

“Dongeng, bermain, senda gurau seperti olok-olok, kelakar, seloroh sebagai kegiatan trauma healing tim Polda Kalsel dengan anak-anak setempat,’’ kata Kabid Humas Polda Kalsel, AKBP M Rifai, setelah mendapat laporan dari tim yang di Sulteng, Sabtu (13/10).

Bakkan Kasat Binmas Polres Banjar, AKP Hj Amalia Afifi, yang bergabung dengan tim pertama kali ke lokasi penugasan di Desa Lulo, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi.

Ia bersama Bripda Djiyah Siswi Tya menempuh perjalanan sekitar 17 kilometer dengan menumpang mobil. Lokasi Biromaru porak poranda. Banyak bangunan runtuh akibat gempa.

Amalia mengatakan, bersama Dhiyah melakukan thermometer emosi dengan cara anak diperlihatkan gambar wajah, gunanya mengetahui seberapa banyak anak memilih mimik senyum dan sedih.

Anak-anak di Biromaro secara psikis tampak baik-baik saja. Makanya langsung melakukan metode art therapy, yakni mengajak anak-anak menggambar mewarnai, tanya jawab dan bersenang-senang.

Ia merasa senang, karena anak-anak terhibur dan bisa tertawa riang bersama. Diketahui, Tim Trauma Healing Polda Kalsel, diberangkatkan ke Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa (9/10) lalu.

Tim dilepas Kapolda Kalsel, Irjen Polisi Yazid Fanani dan sejumlah pejabat utama, pengurus Bhayangkari serta Danrem 101/Antasari, Kolonel Arm Syaiful Rachman. Tim tugasnya membantu memulihkan duka, trauma pasca gempa dan tsunami.

Daftar 21 personel Polda Kalsel yang diberangkatkan terdiri dari Tim Psikologi, Polwan dan Bhayangkari Daerah Kalsel.

Kabag Psikologi Ro SDM,AKBP Novian Susilo dan Mayang Sari. Lainnya Bhayangkari Daerah Kalsel, AKBP Elvi Yunita Welong, AKBP Ipur Handayani AKP Sri Mining, Ipda Rosmalina, Ipda Tri Lestari.

Untuk personel lwan, Kompol Tri Menti, AKP Amalia Afifi, AKP Irmina Indaryanti, Ipda Yara Ulfa Riyani, Brigadir Halimatus Saniah, SH, Bripda Okky Rosmalinda, Bripda Nitinoor, Bripda Diah Sekar Ayu Meiristia Putri.

Dari Bid Humas Polda Kalsel, Brigadir Yudha Krisyanto, Brigadir I Putu Gede Artawan, Bripda Mega Karmila. Personil dari Sat Brimob Polda Kalsel, Aipda Didi Hartono, Batada Hayatullah, dan Barada Alfin Aprilianto. (ZI)

 322 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: