JANGAN PELIT Informasi, Instruksi Ibnu kepada Kepala SKPD

Bagikan :
JANGAN PELIT Informasi, Instruksi Ibnu kepada Kepala SKPD

SuarIndonesia — Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menggelar kegiatan silaturrahmi dengan para media.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh para Pemimpin Redaksi (Pemred) setiap media yang bekerjasama dengan Pemko Banjarmasin itu digelar di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Rabu (16/02/2022).

Di sana juga menjadi seremonial penandatanganan kontrak secara simbolis yang diwakili oleh pimpinan umum seperti di antaranya, media cetak, elektronik dan online.

Kemudian, dalam momentum HPN 2022 ini, Ibnu Sina menegaskan bahwa Pemko Banjarmasin tidak menginginkan adanya pejabat yang sulit untuk dikonfirmasi.

Hal itu diungkapkannya lantaran seringnya awak media yang bertugas mencari data untuk diberitakan merasa kesulitan ketika ingin mengkonfirmasi isu terkait Pemko Banjarmasin.

“Memang informasi itu hak publik yang harus disampaikan. Apalagi itu mengenai pembangunan kota,” ungkapnya usai acara tersebut.

Karena itu, orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai itu menginstruksikan kepada setiap kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin, untuk tidak pelit data dan bisa memberikan informasi yang jelas jika dikonfirmasi awak media.

“Saya akan menegurnya SKPD yang bersangkutan jika ada SKPD yang sulit dikonfirmasi dan tidak ingin memberikan informasi,” tegasnya.

Ibnu mengakui bahwa dalam pemberitaan tentu ada pasang surut dan ada informasi yang wajib disampaikan meskipun pedas. Namun hal itu kata Ibnu merupakan hal yang wajar.

“Tapi yang paling penting adalah kita tetap memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi,” pungkasnya.

Baca Juga :

DIKUMANDANGKAN HPN 2022 di Kendari dari Puncak Gunung Latimojong Sulsel

Di sisi lain, Ibnu menjelaskan, bahwa hadirnya puluhan Pemred media di Banjarmasin ini sekaligus memperingati momentum Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 itu.

“Sengaja diadakan hari ini. Karena juga merupakan syukuran kecil-kecilan dalam rangka HPN ke 22,” ungkapnya.

Menurut Ibnu, kehadiran media atau pers di Bumi Kayuh Baimbai menjadi bagian tak terpisahkan dengan jalannya roda pemerintahan di Pemko Banjarmasin.

“Makanya kolaborasi ini ada 5 atau pentahelix. Yakni akademisi, bisnis, dunia usaha, masyarakat dan media. Media tentunya sebagai pilar kelima untuk suksesnya pembangunan di sebuah kota,” ujarnya.

Terakhir, Ibnu mengatakan, sesuai amanat Presiden, bahwa insan pers tetap bekerja membangun optimisme dan membangun harapan.

“Jangan sampai saat pandemi ini semua orang khawatir dan cemas. Media jiga punya tanggung jawab tentang optimisme dan harapan. Sehingga masyarakat tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19,” pungkas Ibnu.

Sementara itu, Kepala Diskominfotik Banjarmasin, Windyasti Kartika mengatakan kegiatan ini merupakan ajang untuk menjalin silaturrahmi dengan pimpinan perusahaan dan pemimpin redaksi dan media press room Pemko Banjarmasin.

“Kami berharap kerjasama selama ini bisa terus ditingkatkan. Dan kami terima kasih kepada seluruh media yang selama ini sudah bekerjasama dalam membangun Kota Banjarmasin menjadi Baiman dan Lebih Bermartabat,” tuntasnya. (SU)

 169 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.