JAKSA AGUNG RI Tekankan Semua Kajati Menyampaikan Laporan Inovasi

JAKSA AGUNG RI Tekankan Semua Kajati Menyampaikan Laporan Inovasi

SuarIndonesia – Jaksa Agung RI (Republik Indonesia) Dr Burhanuddin tekankan kepada semua para Kajati (Kepala Kejaksaan Tinggi) agar menyampaikan laporan adanya inovasi yang dilakukan jajaran.

“Ini dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dan inovasi yang terbaik akan diterapkan secara nasional,” katanya.

Itu disampaikannya pada Rakernis (Rapat Kerja Teknis) Bidang Pembinaan Tahun 2021 secara virtual dari ruang kerja Jaksa Agung di Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Kegiatan berlangsung hingga Kamis (9/9/2021) dihadir secara virtual dalam acara ini yaitu Wakil Jaksa Agung RI, Setia Untung Arimuladi, SH. M.Hum, para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, Para Pejabat Eselon II dan Eselon III pada Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan, beserta Para Kepala Kejaksaan Tinggi, Asisten Pembinaan, Kepala Kejaksaan Negeri, dan Kepala Cabang Kejaksaan Negeri di seluruh Indonesia.

Jaksa Agung mengapresiasi kepada seluruh jajaran atas terselenggaranya Rakernis ini, serta atas keseriusan dan dedikasinya telah konsisten menjalankan tugas-tugas dengan tetap penuh semangat di tengah pandemi Covid-19.

“Galakkan terus program vaksinasi nasional dan budayakan penggunaan masker untuk Indonesia Sehat,” pesannya disela kegiatan.

Pada bagian lain, ia menyampaikan Forum Rakernis yang berlangsung relatif singkat ini merupakan wadah strategis untuk menghasilkan karya-karya yang kreatif dan inovatif, yang dapat secara aplikatif memecahkan setiap problematika yang dihadapi di Bidang Pembinaan.

Rakernis mengangkat tema: “Inovasi untuk Prestasi.” Ini relevan dalam menjawab tantangan dan situasi saat ini yang telah membatasi banyak ruang untuk bertemu danberinteraksi, sehingga memerlukan banyak inovasi dan terobosan penting untuk mengubah mindset dan kultur lama dalam bekerja.

Inovasi merupakan penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.

Inovasi berangkat dari ide atau gagasan yang dapat merasakan dan melihat problematika untuk dicarikan solusinya. “Untuk mendapatkan ide tersebut, kita harus memiliki jiwa kepedulian dan kecintaan terhadap institusi dan memikirkan bagaimana institusi yang kita cintai ini dapat berkembang dan menjadi lebih baik.

Dari kepedulian dan kecintaan saudara inilah yang nantinya akan memunculkan banyak inovasi.

Perlu saudara ingat, salah satu petunjuk pertama yang saya berikan ketika menjabat sebagai Jaksa Agung,” ujarnya lagi.

Itu adalah berkaitan dengan inovasi. Pedomani Surat Jaksa Agung Nomor: B151/A/SUJA/10/2019 tanggal 30 Oktober 2019 tentang petunjuk dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewenangan Kejaksaan.

Dalam salah satu poinnya, meminta kepada para Kejati agar menyampaikan laporan adanya inovasi yang dilakukan jajarannya dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dan inovasi yang terbaik.

Di samping itu, juga telah mengeluarkan Pedoman Nomor 5 Tahun 2020 tentang Pemberian Penghargaan Karya Adhyaksa, sebagai bentuk apresiasi kepada pegawai yang telahmampu menghasilkan inovasi untuk berprestasi bagi kemajuan institusi, dan telah disampaikan juga pada salah satu 7 Perintah Harian Jaksa Agung Tahun 2021 yaitu “ciptakan karyakarya yang inovatif dan terintegrasi yang dapat meningkatkan pelayanan publik.”

Jaksa Agung RI mengatakan perintah tersebut agar segera dilaksanakan dan laporkan secara berjenjang dengan penuh rasa tanggung jawab, jangan menghambat inovasi untuk kemajuan institusi.

“Saya sangat menghargai inovasi, karena inovasi adalah bentuk kecintaan saudara terhadap institusi dan merupakan suatu karya yang akan menghasilkan prestasi. Banyak orang yang bisa bekerja, namun hanya sedikit orang yang mampu menghasilkan karya,” pungkasnya. (ZI)

 179 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: