HILANG Kapal Selam RI Nanggala-402 di Bali

HILANG Kapal Selam RI Nanggala-402 di Bali
Kapal selam KRI Nanggala-402. (Foto/detikcom)

SuarIndonesia – Kapal selam TNI AL Nanggala-402 dikabarkan hilang kontak di perairan utara Bali. TNI AL tengah mengecek keberadaan kapal selam tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (21/4/2021), kapal selam itu tidak melapor kembali usai latihan.

Juru Bicara TNI AL menyatakan kapal selam itu sedang mengikuti latihan torpedo di perairan Bali Utara. Namun, kapal selam itu tidak menyampaikan hasil latihannya.

Berdasarkan catatan detikcom, kapal selam berukuran panjang 60 meter dan lebar 6 meter ini mampu menampung 4 ABK. Sekali melaju, kapal selam ini dapat melesat dengan kecepatan hingga 21,5 knot didukung oleh mesin diesel elektrik yang terdiri dari 4 mesin diesel dan 1 shaft menghasilkan 4.600 shp.

Kapal buatan Jerman tahun 1977 ini mampu menyelam selama 3 bulan dengan kedalaman maksimal 250 meter di bawah permukaan laut. Dari sisi persenjataan, KRI Nanggala 402 dilengkapi 14 buah torpedo 21 inci dalam 8 tabung.

“Kapal selam itu sangat spesial karena dipersenjatai dengan senjata yang paling ditakuti kapal permukaan. Sangat dahsyat serangannya,” kata Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Marsetio di sela acara penyematan yang berlangsung Sabtu (6/9/2014) lalu.

“Jarak tembaknya bisa 2 mil. Jauh sekali,” tutur dia.

Untuk urusan sensor dan elektronik KRI Nanggala mempunyai sonar dari jenis CSU-3-2 Suite yang dapat melacak setiap benda bergerak yang berada di sekitar kapal selam.

“Suara ikan paus cuit-cuit begitu kedengaran,” sambungnya.

Di Indonesia sendiri, KRI Nanggala-402 merupakan kapal selam kedua dalam jenis kapal selam kelas Cakra. Kapal ini merupakan kapal kedua yang menyandang nama Nanggala dalam jajaran TNI AL.

KRI Nanggala termasuk dalam armada pemukul TNI Angkatan Laut. Kapal selam lain dalam kelas Cakra adalah KRI Cakra-401.(detikcom/RA)

 771 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: