EXPO VIRTUAL akan Digelar Bank Indonesia untuk Dukung Perkembangan UMKM

EXPO VIRTUAL akan Digelar Bank Indonesia untuk Dukung Perkembangan UMKM

SuarIndonesia – Mendukung perkembangan ekonomi terus dilakukan Bank Indonesia kantor perwakilan Kalimantan Selatan.

Salah satunya, BI akan menggelar expo UMKM secara virtual pada tanggal 15 – 17 September 2020 mendatang.

Expo ini akan menghadirkan setidaknya 40 UMKM terpilih pada landing page UMKM Kalsel di marketplace blibli.com.

“ Untuk pelaksanaan masih ada 2 alternatif, bisa di aula gedung KPW BI Prov Kalsel atau Hotel Mercure Banjarmasin dengan 10 buah both,” kata Amanlison Sembiring KPW BI Kalimantan Selatan, Senin,( 7/9).

Menurutnya, kegiatan ini selain mendukung pembukaan sektor produktif dan aman juga men-digitalisasi UMKM secara virtual dengan memanfaatkan sarana digital baik untuk penjualan produk maupun sistem pembayaran.

“Sudah saatnya, UMKM kita go digital, memperluas pasar dengan memanfaatkan teknologi serta sistem pembayaran yang tanpa harus cash,” terangnya.

Mengangkat tema “Karya Gawi Borneo untuk Mendukung Indonesia Maju” expo yang pertama kali digelar secara virtual ini diharapkan menjadi kontribusi UMKM Banua terhadap kemajuan negara.

“Ini artinya karya yang dihasilkan Kalimantan dapat berkonstribusi terhadap kemajuan UMKM Indonesia,” ucap Amanlison.

Sementara itu untuk mendukung terselenggaranya kegiatan ini, pihak BI Kalsel telah mempersiapkan sistem pembayaran berbasis digital yakni QRIS.

Dikatakannya perkembangan QRIS di Indonesia cukup membanggakan, secara Nasional merchant QRIS sebanyak 4.450.231 merchant dan kontribusi Kalsel terhadap Nasional sebesar 0.86%.

Di Kalimantan jumlah merchant QRIS sebanyak 165.619 dengan sebaran merchant sebagai berikut, Kalimantan Timur 49.921 merchant, Kalimantan Barat 43.759 merchant, Kalimantan Selatan 38.279 merchant, Kalimatan Tengah 25.099 merchant dan Kalimantan Utara 8.561 merchant.

“Sumbangan Kalsel terhadap jumlah merchant QRIS di Kalimantan sebesar 23.1%n. Dan dengan harapan ini akan bertambah dengan adanya expo mendatang,” harapnya. (SU)

 181 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: