EKSPOSE KEGIATAN Dimintakan pada Panwaslucam

EKSPOSE KEGIATAN Dimintakan pada Panwaslucam

SuarIndonesia – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarmasin, H Muhammad Yasar meminta seluruh jajarannya, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se-Kota Banjarmasin, selalu mengekspose kegiatan yang mereka laksanakan.

“Ekapose lah kegiatan-kegiatan pengawasan kita atau lainnya,” kata Yasar, ketika membuka Rakernis Kehumasan yang digelar Bawaslu Kota Banjarmasin, Selasa (8/9) di Banjarmasin.

Menurut dia, menjadi tugas bersama, bagaimana lebih memperkenalkan Bawaslu dan/atau Panwaslucam kepada publik, mengenai kelembagaan, tugas, kewenangan, dan kewajiban.

“Dan terutama tugas-tugas pengawasan, pencegahan, dan penyelesaian sengketa, agar masyarakat lebih mengenal,” tegas alumni Universitas al-Azhar, Kairo, Mesir itu.

Secara senada Koordinator Divisi Hukum dan Humas Bawaslu Kota Banjarmasin, Munawar Khalil mengatakan, peran humas di setiap organisasi atau institusi, termasuk Bawaslu dan Panwaslucam sangatlah urgent bagi kesuksesan institusi tersebut.

“Tidak hanya itu, humas juga membangun citra, nama baik, reputasi, dan meningkatkan popularitas lembaga,” tambah Khalil.

Memberikan informasi yang publik perlukan, sambungnya, memang menjadi kewajiban sebagai salah salah satu wujud keterbukaan informasi kepada publik.

Komisioner Bawaslu Kota Banjarmasin lainnya, Mastawan menambahkan, terkait keterbukaan informasi publik, diatur dalam. Undang-Undang No 14 Tahun 2008.

“Masyarakat memang punya hak mengakses informasi data, kecuali data dan informasi yang dikecualikan,” sebut alumni FISIP Unlam ini.

Begitupun pada Perbawaslu No 10 Tahun 2019, imbuhnya lagi.
Peserta Rakernis terdiri dari staf Sekretariat Bawaslu Kota Banjarmasin, komisioner dan kepala sekretariat Panwaslucam dan staf Sekretariat Panwaslucam.

“Fungsi sekretariat tidak lain sebagai supporting system terhadap publikasi-publikasi kegiatan dan pengawasan di kecamatan, kelurahan, hingga tempat pemungutan suara (TPS),” ucap Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Banjarnasin, Subhani.

Jadi, ujar pria jebolan UIN Antasari ini, publikasi sangat penting, agar institusi terlihat bekerja.

” Sampaikan informasi dengan sajian menarik dan memenuhi unsur 5W+1H,” ucapnya menekankan.

Di tempat yang sama, komisioner yang membidangi pengawasan, Rahmadiansyah menandaskan, eskpose kegiatan bisa melalui media sosial. “Mari kita bermedsos dengan bijak dan positif. Sampaikan informasi kerja-kerja pengawasan kita dengan bagus, agar bisa menarik perhatian nitizen untuk melihat dan membaca atau bahkan menanggapinya,” imbaunya.

Para narsum pada rakernis berasal dari pihak yang berkompeen di bidangnya, baik mengenai teknis menulis rilis dan berita, fotografi dan videografi maupun infografis. (SU)

 126 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: