EDUKASI Jalur Rempah Merupakan Pre Event Festival Sahang

EDUKASI Jalur Rempah Merupakan Pre Event Festival Sahang

SuarIndonesia – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin, Ihsan Al-Hak juga turut dimengikuti kegiatan Workshop Edukasi Sejarah Jalur Rempah di Swiss-bell Hotel, Banjarmasin Tengah, Rabu (8/9/2021).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala BPCB Provinsi Kalimantan Timur, Dr. Muslimin A.R Effendy, M.Hum. itu dihadiri oleh Kepala Balai Arkeologi Kalimantan Selatan, Nur Alam serta Perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurut Ihsan Al-Hak, kegiatan jalur rempah terdapat pada beberapa Kota lainnya seperti Ternate, Banda Aceh, Jakarta, yang jumlahnya sebanyak 12 Kota digelar pelaksanaan Jalur Rempah.

Pria yang akrab disapa Ihsan ini mengungkapkan kegiatan workshop edukasi sejarah jalur rempah tersebut merupakan bagian daripada serial jalur rempah yang pelaksanaannya oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur.

“Balai ini atau kantor ini adalah orang pusat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang kantornya terdapat di Kota Samarinda,” bebernya.

Namun kata Ihsan, meski berada di Kalimantan Timur tapi wilayah kerjanya bisa mencakup seluruh wilayah Kalimantan.

“Mereka sengaja menggelar kegiatan ini terkait juga dengan Festival Sahang yang nanti dilaksanakan di hari Sabtu tanggal 11,” katanya.

“Jadi ini (Edukasi Jalur Rempah) sebagai pre event, jadi sebagai event pembuka kegiatan jalur rempah di Kota Banjarmasin,” tambahnya.

Ia menyebutkan, alasan Kota Banjarmasin ditetapkan sebagai salah satu pusat atau sebagai salah satu Kota yang melaksanakan Jalur Rempah.

“Karena keberadaan Banjarmasin itu memang syarat dengan sejarah, jalur rempah perdagangan kita sampaikan gagasan ini ke pemerintah pusat, kemudian mereka terima,” pungkasnya. (SU)

 126 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: