DUGAAN Tipikor di PT Asabri, PT AMU dan LPEI, 8 Orang Diperiksa JAM PIDSUS Kejaksaan Agung

Bagikan :
DUGAAN Tipikor di PT Asabri, PT AMU dan LPEI, 8 Orang Diperiksa JAM PIDSUS Kejaksaan Agung

SuarIndonesia – Secara bergiliran 8 orang saksi dari dugaan kasus Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) di berbagai perusahaan, termasuk lembaga diperiksa penyidik dari JAM PIDSUS (Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus)Kejaksaan Agung RI.

Yakni di Pembiayaan Ekspor Nasional oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)

Tipikor dalam Pengelolaan Keuangan PT Askrindo Mitra Utama (PT AMU) Tahun Anggaran 2016 sampai 2020. Kemudian dugaan tipikor pada PT Asabri (Persero).

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung RI, Leonard Eben Ezer Simanjuntak SH. MH, Senin (18/10/2021) dalam keterangan tertulis, membenarkan atas semua.

Disebut, untuk dugaan tipikor  pengelolaan keuangan di PT AMU, ini saksi yang diperiksa berisial K selaku Mantan Sekretaris Perusahaan PT Asuransi Kredit Indonesia.

“Diperiksa sebagai saksi dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan PT AMU Tahun Anggaran 2016 s/d 2020.

Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri.

Ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi pada PT AMU,” jelasnya.

Kemudian kasus lainnya, ada dua orang saksi juga diperiksa terkait   penyelenggaraan pembiayaan ekspor nasional oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

Saksi-saksi yang diperiksa antara lain berinisial MP selaku Mantan Relationship Manager LPEI. Ini terkait pemberian fasilitas kredit kepada debitur oleh LPEI.

Kemudian DSD selaku Mantan Kepala Divisi Analisa Risiko Bisnis II LPEI, diperiksa terkait pemberian fasilitas kredit kepada debitur oleh LPEI.

Ketika itu dalam pemeriksaan saksi dilaksanakan dengan mengikuti secara ketat protokol kesehatan antara lain dengan menerapkan 3M. (K.3.3).

Selanjutnya untuk kasus pada PT Asabri (Persero) ada lima orang diperiksa, juga sebagai saksi.

Mereka diperiksa kaitan pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT ASABRI (Persero) pada beberapa perusahaan periode tahun 2012 s/d 2019.

Saksi-saksi yang diperiksa antara lain RAS selaku Komisaris PT. Pool Advista Manajemen (pihak yang mewakili Tersangka Korporasi PT. PPAM), diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 Manajer Investasi (MI).

GP selaku Mantan Kepala Divisi Investasi PT. ASABRI (Persero) periode 22 Mei 2017 s/d 31 Juli 2018, diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 MI.

BS selaku Direktur PT. Corfina Capital Manager Investasi, diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 MI.

Disebut, RS selaku Mantan Tim Pengelola Investasi/Fund Manager, diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 MI.

SA selaku Mantan Tim Pengelola Investasi/Fund Manager, diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 MI. (*/ZI)

 347 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!