DUDUK BERSAMA Calon Gubernur di Tadarusan Al Qur’an – Doa Bersama Wajar dan Menyejukan, Jangan Kaitkan Mempolitisasi

DUDUK BERSAMA Calon Gubernur di Tadarusan Al Qur’an – Doa Bersama Wajar dan Menyejukan, Jangan Kaitkan Mempolitisasi

SuarIndonesia – Jika diundang duduk bersama-sama Calon Gubernur Kalsel di Tadarusan Al Qur’an dan doa bersama dinilai wajar, jangan malah dikaitkan mempolitisi.

Berbagai tanggapan rancana mengundang calon gubernur untuk kegiatan tadarusan Al Qur’an yang digelar di Masjid Agung Al Karomah Martapura, Minggu malam (2/5/2021).

Selama ini di banua sudah membudaya soal Tadarusan Al Quran dengan mengundang para tokoh maupun pejabat, apalagi lebih bagus bagi calon pemimpin di daerah bersma-bersama,” kata Bahruddin Din Jaya, kepada wartawan, usai ditetapkan dan disahkan sebagai Relawan Jaga Banua, Sabtu (1/5/2021).

Bahruddin Din Jaya didampingi H Muhammad Hasan, M Syahbuddin, Safrudin, Dian Wulandari, Suntin Yono dan M Khainil U.

“Duduk bersama dan berdoa lebih baik, kenapa harus dikaitan mempolitisasi ini-itulah segala,” tambah Din Jaya.

Hal sama diungkapkan lainnya yang pada dasarnya sangat mendukung demi kebaikan banua.

“Karena selama ini ramai gonjang-ganjing yang tak jelas kebenarannya hingga soal mengarah intimidasi serta lainnya.

Kenapa sih, ya sama-sama Tadarusan, dan kalau ga, ya duduk sajalah melihat,” ucap relawan lainnya.

“Kami harapkan silaturahmi kembali terjalin dengan baik kedua calon gubernur maupun kepada masyarakat pendukung dan masyarakat umum,” ujar Din Jaya lagi.

Sebelumnya Habib Ali Muhammad menjelaskan apa makna dari rencana kegiatan Tadarusan Al Qur’an yang mengundang kedua calon gubernur.

Ia sebut, sebelum membuat rencana tersebut sudah berkoordinasi dengan Rais dan Ketua Tanfidziyah PC NU serta Ketua GP Ansor Kabupaten Banjar.

Kegiatan tersbeut lanjutnya bentuk kepedulian alim- ulama untuk menyosialisasikan kedua calon gubernur kepada masyarakat Kabupaten Banjar.

Kemudian untuk mencoba meredam berkembangnya fitnah yang selama ini berkembang marak di Kabupaten Banjar terkait kepada kedua calon Gubernur.

“Dengan duduk bersama dengan momen tadarusan Al Qur’an dan doa bersama kami harapkan silaturahmi kembali terjalin dengan baik,” ucapnya.

Habib Ali menyayangkan adanya statement yang menyebutkan jika tadarusan  dianggap sebagai ajang kompetisi apalagi dianggap mempolitisi Al Quran.

Habib Ali membeberkan, makna atau arti dalam tadarusan adalah membaca, mendengarkan dan membenarkan.

Jika terdapat kekeliruan dalam bacaan oleh peserta itu sendiri (inilah yang di maksud dalam menguji), peserta tadarusan menguji bacaannya sendiri melalui rekan-rekan peserta lainnya, bukan seperti MTQ yang ada jurinya yang akan memberikan penilaian.

Habib Ali mengharapkan, sebaiknya calon gubernur bisa hadir sekalipun dengan waktu yang tidak bersamaan agar masyarakat bisa mengenal lebih jauh pemimpin yang akan memimpin mereka lewat acara tadarusan bersama habaib, ulama dan masyarakat pemilih.

Ini meluruskan lagi soal sikap yang disebut disampaikan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Kalsel adanya kegiatan tersebut.

Menurut PWNU Kalsel kegiatan yang akan digelar di Masjid Agung Al Karomah Martapura tersebut tidak tepat.

Agar jangan memperlombakan Al Qur’an dengan melibatkan calon gubernur atau mempolitisasi Al Qur’an pada ranah politik

Memperlombakan Al Qur’an dengan adanya muatan politik justru menimbulkan perpecahan bahkan bisa memunculkan saling ejek setelah perlombaan dilaksanakan dimedia sosial.

Meminta agar acara menghadirkan calon gubernur dibatalkan karena justru mengurangi nilai kekhusyukan.

Acara tadarus Al Qur’an lebih baik bersama ulama santri dan masyarakat saja.

“Kami meminta agar para ulama kembali kepada fungsi ulama, yakni membina umat. Jangan sampai terjebak kepada politik praktis.

Ulama kami harapkan memberi kesejukan ketika ada susana konflik. Jangan sampai justru hanyut kepada ranah permainan politik.

Ulama mempunyai kekuatan moral untuk memberikan siraman kedamaian,” demikian bunyi pernyataan itu. (HM/ZI)

 223 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: