Dua Bulan Berjalan Ini, Sembilan Orang Meninggal Dunia Lakalantas di Banjarmasin

Dua Bulan Berjalan Ini, Sembilan Orang Meninggal Dunia Lakalantas di Banjarmasin

Suarindonesia – Kasus kecelakaan sepeda motor di Jalan A Yani Km 2,5 tepatnya persimpangan Jalan Kuripan dengan dua korban meninggal dunia, dan satu kritis, menambah daftar kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Banjarmasin.

Sehingga sejak Januari hingga di pekan kedua Februari 2019 tercatat sudah terjadi 13 kasus Lakalantas, rinciannya 9 korban meninggal dunia, 5 luka berat dan 9 luka ringan.

Dimana untuk Januari 2019 ada 12 kasus, dengan rincian 6 orang meninggal dunia, 4 orang mengalami luka berat dan 9 orang mengalami luka ringan.

Sementara di Februari, di minggu kedua sudah terjadi 2 kejadian, dengan 2 orang meninggal dunia dan 1 orang mengalami luka berat.

“Untuk Februari itu, yakni Lakalantas yang terjadi di Jalan A Yani Km 2,5, pada Ahad (10/2) dini hari sekitar pukul 00.40 WITA,” jelas Kasat Lantas Polresta Banjarmasin Kompol Wibowo, Senin (11/2).

Terkait kasus itu, ia beranggapan kejadian nahas itu diduga sebabkan kecepatan yang dipicu salah satu pengendara, sehingga kecelakaan tak bisa terhindari.

“Pengendara tak mampu untuk menghindari tabrakan akibat laju kendaraannya,” imbuhnya.

Wibowo menyatakan, pihaknya bisa menyalahkan kedua belah pihak, akan tetapi dalam UULAJ tahun 2009 disebutkan, semua jenis kendaraan yang melintas di dalam kota memiliki batas kecepatan maksimal 40 km perjam.

“Oleh karena itu semua pengendara harus memperhatikan rambu-rambu lalulintas,” ujarnya.

Tak hanya itu, para pengguna jalan, harus mematuhi lampu pengatur lalu lintas.

“Agar pengendara untuk menaati rambu lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas,” sebutnya.(YI)

 218 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: