DIWANTI WANTI Kapolda Kalsel Ada Peran Menindak Pelanggar Protokol Kesehatan di Pilkada 2020

DIWANTI WANTI Kapolda Kalsel Ada Peran Menindak Pelanggar Protokol Kesehatan di Pilkada 2020

SuarIndonesia – Diwanti wanti Kapolda Kalsel, Irjen Pol Dr Nico Afinta SIK SH MH, akalu Polri ada peran menindak pelanggar Protokol Kesehatan di Pilkada 2020.

Ia katakan, pihaknya memiliki landasan hukum dengan aturan yang tertuang dalam Undang-Undang Pilkada maupun Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Sumua kegiatan terkait tahapan pilkada serentak sudah diatur, ada Undang-Undangnya, ada PKPU-nya, sehingga kita ini tinggal mengikuti aturan yang ada,” kata dia saat mengikuti Rakor Penegakan Hukum terkait Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di salah satu hotel di Banjarmasin.

Kemudian kapolda misalkan nantinya ada paslon yang melawan saat menggelar kampanye dengan jumlah yang melanggar batas maksimal, maka pihaknya akan memakai hukum pidana.

“Itu kalau dari petugas Bawaslu atau KPU dan Satpol PP melapor,” tambahnya.

Kendati begitu, ia menegaskan pihaknya mengedepankan prinsif koordinasi terlebih dahulu dalam menangani kasus-kasus pelanggaran protokol kesehatan.

‘Iya Polisi mengedepankan upaya preventif, preemtif serta menerapkan prinsip kehati-hatian.

Jadi memang kita dalam hal ini kehati-hatian juga kita jaga jangan sampai institusi polri ini terseret ke ranah politik,” bebernya. (ZI)

 

 200 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: