DITUTUP TOTAL Jembatan Alalak 1, Arus Lalin Kembali ke Awal

DITUTUP TOTAL Jembatan Alalak 1, Arus Lalin Kembali ke Awal

SuarIndonesia – Jembatan Alalak 1 lama bakal kembali ditutup total seperti awal pengerjaan proyek jembatan Alalak 1 yang baru dimulai.

Sehingga arus lalu lintas yang sebelumnya masih menggunakan Jembatan Alalak 1 lama untuk menuju ke wilayah Kabupaten Barito Kuala (Batola) kembali ke Jembatan Alalak II menggunakan Jalan Tembus Perumnas.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin, Fendie mengatakan, pengalihan arus lalu lintas seperti awal ditutupnya Jembatan Alalak I tersebut dikarenakan adanya pengerjaan Jembatan Alalak I yang baru.

Ia menjelaskan, jembatan yang sering disebut warga dengan nama Jembatan Kayutangi Ujung itu rencananya akan dilakukan pembongkaran oprit. Hal Itu dilakukan terkait dengan penyelesaian proyek jembatan Alalak 1 yang baru.

“Kita akan tutup total mulai Kamis (8/7/2021) besok. Karena jembatan Alalak 1 dibongkar oprit sekaligus jembatanya untuk penuntasan jembatan yang dibuat,” ucap, Fendie, saat dihubungi awak media melalui sambungan telepon, Rabu, (7/7/2021) siang

Alhasil, pihaknya pun akan mengembalikan arus lalu lintas satu arah dari Kota Banjarmasin menuju Kabupaten Barito Kuala (Batola) dan satu jalur dari arah Batola menuju Banjarmasin melalui Jalan Cemara.

“Kembali seperti semula. Kita juga batasi tonase mobil yang boleh lewat hanya sampai 6 ton. Sesuai ketentuan semula,” katanya.

Disinggung apakah ada simulasi untuk penutupan arus lalu lintas besok? Fendie mengaku pihaknya sudah mensosialisasikan hal itu melalui sosial media.

“Sejak rapat kemarin kita sudah sosialisasi lewat medsos. Dilanjutkan sosialisasi tertulis dan dipampang di pinggir jalan kawasan arah Batola dari Banjarmasin,” tuturnya.

Pihaknya juga akan menempatkan petugas yakni Dishub Kota Banjarmasin dan dibantu petugas Lantas Polresta Banjarmasin, untuk pengaturan arus lalu lintas di kawasan tersebut.

“Petugas Kepolisian dan Dishub nanti standby aja di jam sibuk atau padat, seperti pagi dan sore,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Banjarmasin, Kompol Gustaf Adolf Mamuaya mengaku pihaknya siap menempatkan petugas di lapangan.

“Tetap anggota saya siapkan di lokasi,” ungkapnya melalui pesan singkat WA, Rabu, (7/7/2021) siang.

Disinggung berapa jumlah personil yang diturunkan, ia mengaku masih melihat kondisi di lapangan. “Nanti kita lihat situasinya bagaimana,” tutupnya. (SU)

 249 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: