DISEBUT Paman Birin Jembatan Alalak Bakal Diresmikan Presiden Jokowi

DISEBUT Paman Birin Jembatan Alalak Bakal Diresmikan Presiden Jokowi

SuarIndonesia – Presiden RI, Joko Widodo, disebut-sebut bakal meresmikan Jembatan Sei Alalak.

Hal itu, disampaikan Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, di sela peninjauan Jembatan Sei Alalak, Senin (13/9/2021).

Mewakili masyarakat Kalimantan Selatan, Paman Birin menyampaikan terimakasih atas perhatian pemerintah pusat khususnya Presiden Joko Widodo atas dukungan pembangunan infrastruktur tersebut.

Menurutnya, Jembatan Alalak Cable Stayed sangat membawa manfaat transportasi lintasan provinsi di pulau Kalimantan, khusus di Kalimantan Selatan sendiri.

“Insyaallah akan diresmikan bapak presiden. Mudah-mudahan jika tidak ada aral melintang. Kemarin sempat, (presiden) ngomong ke kita: pak gub, saya akan ke Kalsel, saya akan telpon pak gub,” pungkas Paman Birin sedikit menirukan perkataan Jokowi.

Tiang pylon penahan cabel cukup menarik perhatian Paman Birin. Bentuknya yang melengkung selayaknya orang memanjatkan doa membuat Sahbirin kagum.

Bentuk struktur jembatan cable stayed Kalimantan Selatan ini paling beda dibandingkan daerah lain, bahkan pertama di pulau Kalimantan. Bentuknya yang melengkung salah satu pembeda.

Selain itu, menara cable stayed jembatan juga tidak lurus menjulang atau terdapat lengkungan di bagian atas.

Sahbirin mengatakan, menara cable stayed yang melengkung itu mengisyaratkan tangan berdoa. Hal tersebut, kata Paman Birin, menambahkan nuansa religi di Bumi Lambung.

“Ada filosofi yang luar biasa, ini seperti tangan berdoa. Seperti kita tahu Kalsel ini masyarakatnya religius, jadi ini membangun dengan hati, sikologi kerakyatan, sikologi masyarakat yang membanggakan kita semua,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalsel, Sauqi Kamal mengatakan batas waktu pengerjaan jembatan berakhir pada 15 September mendatang.

Saat ini, pihaknya sedang menunggu sertifikasi dari Kementerian PUPR.

“Ujicoba sudah selesai. Hasilnya sesuai desain, baik keamanan maupun kelengkapan. Setelah itu proses selanjutnya mendapatkan sertifikat laik,” kata Sauqi.

Lantas bagaimana dengan peresmian? Sauqi menyebut peresmikan sudah diarahkan pemerintah pusat untuk menyiapkan segala sesuatunya. “Kita tunggu saja siapa yang akan meresmikan.

Tadi disampaikan pak gubernur kemungkinan pak Jokowi yang meresmiman, tapi kita belum tau apakah peresmiannya online atau offline,” bebernya.(RW)

 1,158 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: