DILUNCURKAN Aplikasi b-SDM Jajaran Polda Kalsel, Begini Maksud dan Tujuannya

DILUNCURKAN Aplikasi b-SDM Jajaran Polda Kalsel, Begini Maksud dan Tujuannya

SuarIndonesia -Jadikan SDM Polri yang unggul, diluncurkan Aplikasi b-SDM. ini mendukung terlaksananya program prioritas Kapolri yaitu menjadikan SDM Polri yang Unggul di Era Police 4.0.

Maka, Polda Kalsel meluncurkan aplikasi b-SDM di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Selasa (16/3/2021).

Peluncuran aplikasi berbasis teknologi informasi digital ini dilakukan  Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto bersama Wakapolda Kalsel, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, Karo SDM Polda Kalsel, Kombes Pol Nanang Masbudi disaksikan pula para PJU Polda Kalsel.

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto melalui Karo SDM, Kombes Pol Nanang Masbudi mengatakan, aplikasi b-SDM merupakan perwujudan dari upaya Polda Kalsel memberikan pelayanan yang lebih mudah, praktis dan efisien kepada para anggota Polri di Polda Kalsel.

 

Melalui aplikasi b-SDM, personel Polri yang bertugas di Polda Kalsel dapat mengakses sejumlah layanan yang dikelola Biro SDM melalui bagian-bagiannya.

Termasuk Bagian Pengendalian Personel (Bagdalpers), Bagian Pembinaan Karier (Bagbinkar), Bagian Perawatan Personel (Bagwatpers) dan Bagian Psikologi (Bagpsi).

Terkait Bagdalpers, personel dapat mengakses seputar pendidikan pengembangan umum (Dikbangum), pendidikan pembentukan (Diktuk), pendidikan pengembangan spesialisasi (Dikbangspes) hingga asisten e-learning.

Terkait Bagpsi, dapat diakses seputar tes senpi, konseling pra nikah hingga e-mental bagi para anggota Polri di Polda Kalsel.

Terkait Bagwatpers, dapat diakses seputar pengajuan cuti dan izin, izin nikah, pensiun, tanda kehormatan, pengakhiran dinas hingga soal gaji berkala.

Terkakhir terkait Bagbinkar, dapat diakses seputar assesment dan kepangkatan.

Dirancang dengan menekankan pada aspek kemudahan pengguna, para personel Korps Bhayangkara bisa dengan mudah mengakses aplikasi b-SDM kapanpun melalui smartphone masing-masing.

Mendukung aplikasi b-SDM ini, Biro SDM Polda Kalsel menyiagakan sejumlah personelnya untuk melaksanakan proses administrasi dan mengelola data-data yang diinput oleh para anggota Polri.

Usai diluncurkan, Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto dan Wakapolda Kalsel, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono didampingi Karo SDM Polda Kalsel memantau langsung pelaksanaan dan pemrosesan data-data dalam pelayanan aplikasi b-SDM.

Dijelaskan Karo SDM Polda Kalsel, Kombes Pol Nanang Masbudi, dengan adanya b-SDM maka juga turut mengurangi interaksi langsung yang dilakukan dalam pelayanan terhadap para personel Polri di Polda Kalsel yang menjadi penting di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Berkaitan dengan situasi pandemi, dalam pelayanan ke prajurit ini berbasis digital tentu bisa memutus penyebaran Covid-19.

Di dalam apliaksi tidak cuma terkait kesejahteraan personel, ada juga pelatihan untuk menguji kompetensi dari anggota yang terkait fungsi teknis Kepolisian.

“Ini bagian dari bentuk dukungan kami terhadap program Kapolri,” pungkas Karo SDM. (ZI)

 543 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: