DIHARAPKAN Seluruh Pemangku Kepentingan tidak Melakukan Kampanye

DIHARAPKAN Seluruh Pemangku Kepentingan tidak Melakukan Kampanye

SuarIndonesia – Setelah ditetapkannya tanggal 9 Juni 2021 untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalsel, pihak KPU berharap kepada seluruh pemangku kepentingan tidak melakukan kampanye.

Ungkapan ini disampaikan Komisioner KPU, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Edy Ariansyah, Kamis 25/3/2021)

“Kami himbau pada seluruh pemangku kepentingan, pada PSU Pilgub, tidak ada tahapan kampanye” tegasnya

PSU yang dilaksanakan masih ditengah pandemi, KPU juga akan menggelar pemeriksaan kesehatan bagi jajarannya, PPK, PPS, KPPS dengan minta dukungan Dinas kesehatan untuk memfasilitasi pemeriksaan covid 19.

“Semoga ada kebijakan bagi perangkat KPU yang sudah melakukan vaksin apakah perlu lagi dilakukan rapid antigen, nanti akan di koordinasikan” ucapnya

Dalam amar putusan MK juga menyebutkan pihak KPU melakukan pembentukan baru petugas petugas pelaksana pada saat pemungutan suara ulang.

“Perangkat baru harus juga memenuhi syarat syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang undangan, dan terpenting apakah mau menjadi petugas Pemilu”bebernya

Pengguna hak pilih pada PSU nantinya merupakan Daftar Pemilih Tetap (DPT), DPTB, DPPH tiga jenis pengguna hak pilih.

” KPU akan memastikan akurasi data pemilih, supaya tidak menimbulkan masalah masalah baru.”

Sementara itu, Komisioner Kordiv Teknis Penyelenggaraan KPU Kalsel, Ny Hatmiyati menjelaskan secara teknis tidak ada perbedaan pada Pilkada sebelumnya.

Pemilih akan diberikan pemberitahuan, namun untuk pemilih pindah pada waktu Pilkada sebelumnya, yang memilih di tempat PSU, akan di kroscek dan diberitahukan.

“Pemilih tetap pada kecamatan yang termasuk PSU, namun pindah tempat akan di chek dan diberitahukan, asalkan pindah ke tempat yang melaksanakan PSU juga” ujar Hatmiati

Lanjutnya secara keseluruhan pada pelaksanaan PSU nantinya untuk warga pemilih dan petugas wajib mematuhi protokol kesehatan.

Untuk data Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan melakukan pencoblosan berjumlah 266,757 pemilih dilakukan di 827 TPS dalam 3 kabupaten kota, yakni kabupaten banjar 502 TPS, kota Banjarmasin di kecamatan banjarmasin selatan 301 TPS dan kabupaten tapin 24 TPS. (HM)

 231 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: