DIGAGALKAN Penyusupan Kayu Ilegal Melalui Jalur Sungai

DIGAGALKAN Penyusupan Kayu Ilegal Melalui Jalur Sungai

SuarIndonesia -Digagalkan penyusupan kayu ilegal melalui jalur Sungai

Digagalkan oleh Polisi Kehutanan (Polhut) Dinas Kehutanan (Dishut) Kalsel sebanyak 40 potong kayu berjenis Meranti Campuran yang diamankan diduga hasil kegiatan ilegal logging dari wilayah kawasan hutan RPH Panaan.

Kepala Seksi Perlindungan Hutan KPH Tabalong, Aris Setiawan, menjelaskan kayu tersebut diamankan atas dasar laporan masyarakat yang memyebut adanya kegitan pengangkutan kayu hasil ilegal logging melalui jalur sungai.

Setelah tim patroli melakukan ground check, benar didapati adanya rakit kayu berbagai jenis dan ukuran di Sungai Dusun Mantuyup Desa Bintang Ara yang langsung diamankan oleh tim .

Barang bukti kayu temuan tersebut sudah diangkut dengan menggunakan truk untuk dibawa dan diamankan oleh tim ke Banjarbaru.

Malam harinya, kayu tersebut sudah berada di kantor Polhut Dinas Kehutanan yang berada di Gang Petai Banjarbaru, untuk kemudian diukur dan diperiksa oleh petugas yang berwenang.

“Kami telah menerima kayu diduga ilegal loging yang dikirim oleh KPH Tabalong dan sudah diamankan di kantor Polhut,” tambah Kepala Bidang Pengamanan dan Konservasi Sumber Daya Alama dan Ekosistem (PKSDAE) Dishut Kalsel, Pantja Satata.

Secara khusus Pantja mengimbau pelaku perambagan hutan untuk tidak melakukan hal tersebut. Disebutkan Pantja banyak kerugian yang diakibat perbuatan melawan hukum itu.

“Banyak kerugian akibat perambatan hutan seperti sebabkan banjir, kerusakan lingkungan, dan sebagainya.

Mudah-mudahan dengan seringnya patroli petugas lapangan tindak ilegal loging semakin berkurang,” katanya, Minggu (17/4/2022).(RW)

 4,985 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!