DIGABUNGKAN Balitbangda dan Bappeda, Begini Maksud Pemprov Kalsel

DIGABUNGKAN Balitbangda dan Bappeda, Begini Maksud Pemprov Kalsel

SuarIndonesia – Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalsel, Rabu (7/4/2021).

Adapun pada LKPJ kali ini dihadiri oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Kalimantan Selatan, diantaranya Bappeda, PUPR, Balitbangda.

Penjabat Sekda Kalsel, Roy Rizali Anwar mengatakan, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kalsel diharapkan para peneliti yang terdapat di Bumi Lambung Mangkurat yang memiliki kemampuan agar dapat dikembangkan.

“Akan kita maksimalkan untuk pengembangan Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten Kota,” ucapnya,

Menurutnya dengan penggabungan Balitbangda ke Bappeda, dapat terjalin sinergitas yang bagus, sehingga penganggaran dapat dengan mudah dilakukan.

“Kita kawal mulai dari penganggaran, sarana prasarananya, maupun peningkatan SDM,” ucap Roy.

Penggabungan balitbangda dan bappeda, direncanakan tahun depan akan terlaksana.

“Saat ini lagi reformasi birokrasi, dan perampingan organisasi bisa lebih efektif dan efisien, bahkan ada SKPD yang layak tugas dan fungsinya bisa digabungkan,”ujarnya

Selain itu, Balitbangda dan Bappeda Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan juga akan digabungkan, tambahnya

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Selatan Ir, H Nurul Fajar Desira mengatakan, pada LKPJ juga terdapat penyampaian anggaran yang telah dipergunakan sekaligus evaluasi.

“Dalam diskusi, sudah kita sampaikan laporan beserta tanggapannya,” katanya.

Selain itu, terkait rekomendasi maupun saran yang dilontarkan oleh Dewan Kalsel, akan dilakukan di kemudian hari, setelah pembahasan.

Ketua Komisi III DPRD Kalsel H Sahrujani menuturkan pihaknya di Pansus LKPj III telah mengundang empat dinas yang menjadi mitra kerja di Komisi III, yakni Bappeda, Dinas PUPR, Dinas Perkim dan Balitbangda.

Menurut Sahrujani, telah kita perdalam tentang materi yang disampaikan nanti selanjutnya akan kami adakan rapat intern pansus.

“Seperti apa nanti rekomendasi yang akan kita keluarkan, maka kita tunggu di rapat paripurna istimewa, yang akan mengeluarkan rekomendasi tersebut,” kata Sahrujani.

Presentasi yang disampaikan para mitra kerja yang diundang bahwa pencapaian kinerja mereka rata-rata diatas 90 persen dan juga ada yang sudah mencapai 100 persen.

“Hasil pertemuan ini akan di rapatkan diinternal pansus, setelah itu akan kita keluarkan rekomendasi pansus,” (HM)

 163 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: