DIAPRESIASI Komisi III DPR RI Serapan Anggaran di Kejati Kalsel

DIAPRESIASI Komisi III DPR RI Serapan Anggaran di Kejati Kalsel

SuarIndonesia – Diapresiasi Komisi III DPR RI atas serapan anggaran di Kejaksaan Tinggi (Kejati Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Kita sangat mengapresiasi karena serapan anggaran Tahun 2020 yang digunakan Kejati Kalsel hingga awal bulan Oktober baru sekitar 67 persen.

Dan ini saya dinilai wajar dan sesuai, yang artinya efesiensi,” kata Desmon J Mahesa, yang pimpin rombongan Komisi III DPR RI, yang melakukan reses, Senin (12/10/2020) ketika berada di Kejati Kalsel, kepada wartawan.

Turut serta dalam rombongan Wakil Ketua Komisi III DPR-RI asal PAN Pangeran Khairul Saleh, Habib Aboe Bakar Assegaf dan lainnya.

Sisi lain Desmon sebutkan, terdapat beberapa kegiatan yang biasanya ada, namun karena pandemi Covid-19, kegiatan tersebut ditiadakan.

Dengan begitu, anggaranpun tidak digunakan, dan arahnya harus  efesiensi. Namun tidak berdampak mengurangi kualitas tugas dan kinerja rutin.

”Tadi salah satu yang kita tanyakan di Kejati soal serapan anggaran yang dikucurkan Kejaksaan Agung.

Dan serapannya kecil tapi ini justru efisien dan wajar,” tambah Desmon Beberapa kegiatan rutin lanjutnya, yang ditiadakan sehingga mengurangi biaya yaitu, persidangan yang semula tatap muka langsung dan harus turun ke pengadilan menggunakan biaya transportasi kini menggunakan virtual.

Kemudian kegiatan TP4D serta kegiatan turun keluar daerah juga tidak dilakukan.

Sehingga terjadi rasionalisasi dan penghematan, yaitu anggaran terserap baru hampir 70 persen.

”Penghematan jika dibanding terbalik dengan penyerapan berbasis kinerja, dan rasionalisasi ini berarti ada penghematan dilakukan,” beber Desmon.

Hal lain meminta catatan tentang penanganan tindak pidana umum, pidana khsusus dan korupsi.

“Namun kunjungan kali ini kita bukan dalam kontek pengawasan namun bersifat aspiratif,” ucapnya.

Sementara Kejati Kalsel, Arie Arifin SH MH mengatakan, adanya penyerapan pagu anggaran baru 62,625 persen. “Karena digunakan sewajar-wajarnya sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Ia katakan, pihaknya berupaya untuk menggunakan sisa anggaran pada dua bulan terakhir untuk diserap. “Namun penggunaanya juga tetap sewajarnya,” tambah kajati. (ZI)

 

 144 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: