DIANGGAP RAWAN Tiga Wilayah saat Pelaksanaan PSU, Begini Penekanan Kapolda Kalsel

DIANGGAP RAWAN Tiga Wilayah saat Pelaksanaan PSU,  Begini Penekanan Kapolda Kalsel

SuarIndonesia – Dianggap rawan pada tiga wilayah saat pelaksanaan PSU (Pemungutan Suara Ulang), dan beginilan penekanan Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto.

Diketahui MK (Mahkamah Konstitusi) dalam putusannya memerintahkan KPU Provinsi Kalsel dan KPU Kota Banjarmasin untuk melaksanakan PSU) di sejumlah wilayah.

Dimana PSU akan digelar di sebagian kawasan di Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin dan Kota Banjarmasin.

“Kita bersama TNI, Ormas dan semua lapisan masyatakat akan melaksanakan pengamanan maksimal untuk memastikan pelaksanaan PSU berjalan aman, nyaman dan kondusif.

Kami kaji bagaimana reaksi masyarakat dan antusiasmenya terhadap PSU serta bagaimana kesiapan KPU.

Semua kita anggap rawan, semua kita jaga sebaik-baiknya,” tandas Kapolda, usai mengikuti peluncuran Program E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) atau sistem tilang elektronik secara nasional dari RTMC Polri di Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Peluncuran E-TLE turut dihadiri secara virtual oleh Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto, Pajabat Gubernur Kalsel, Safrizal, Danrem/101/Antasari, Brigjen TNI Firmasyah, Forkopimda Kalsel lainnya serta Dirlantas Polda Kalsel, Kombes Pol Maesa Soegriwo dari Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel di Banjarmasin.

Sedangkan Karo Ops Polda Kalsel, Kombes Pol Nur Subchan mengatakan, setidaknya akan ditempatkan dua anggota Polisi di setiap TPS yang melaksanakan PSU.

Mengacu data milik KPU, diketahui jumlah TPS yang akan menggelar PSU baik PSU Pilgub Kalsel maupun PSU Pilwali Banjarmasin total sebanyak 827 TPS.

Yaitu 502 TPS di Kabupaten Banjar, 24 TPS di Kabupaten Tapin dan 301 TPS di Kota Banjarmasin.

Artinya, kurang lebih akan ada 1.600 lebih personel Polda Kalsel dan Polres Jajaran yang akan dikerahkan untuk berjaga di TPS-TPS tersebut.

“Itu belum termasuk personel yang berpatroli dan yang disiapkan untuk kontingensi.

Tentunya, Polda Kalsel kata dia akan bersinergi dengan Korem 101/Antasari dalam operasi pengamanan tersebut.

Operasi pengamanan pada tahapan ini kata dia akan mengikuti bagaimana tahapan-tahapan persiapan yang dilakukan oleh KPU Kalsel. (ZI)

 

 675 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: