DALAM Dua Hari 3.000 Pohon Ditanam di Gunung Pamaton

Suarindonesia – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan tiada henti-hentinya terus menggelorakan semangat Revolusi Hijau yang dicanangkan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sejak tahun 2017.

Bersama Tahura Sultan Adam, Balai Perbenihan Tanaman Hutan serta berkolaborasi dengan PT. Adaro Indonesia, Dishut melaksanakan kegiatan penanaman bersama di kawasan Gunung Pamaton juga masih berada dalam wilayah Tahura Sultan Adam, Jumat (16/9/2022).

Penanaman dilakukan sejak Kamis (15/92022) yang komandoi oleh pejabat Esselon 3 Dishut dan Tahura SA. Selama dua hari melakukan kegiatan penanaman, sebanyak 3000 bibit Johar, Eucalyptus dan Gamal berhasil ditanami di kawasan tersebut.

Penanaman kali ini dilaksanakan di kawasan yang tanah nya banyak bebatuan, sehingga sedikit sulit bagi tanaman untuk tumbuh subur.

Selain perlu pemilihan jenis tanaman yang adaptif, diperlukan juga pemeliharaan yang ekstra.

Kadishut Kalsel Hj. Fathimatuzzahra menjelaskan, tujuan dari kegiatan penanaman ini, selain untuk menambah tutupan lahan di kawasan tersebut juga untuk membangkitkan semangat Revolusi Hijau Masyarakat Banua agar terbangun spiritnya untuk menanam di dalam diri masyarakat serta bisa menjadikan kegiatan menanam menjadi budaya bagi masyarakat Kalimantan Selatan.

“Tanaman yang sudah ditanam ini nantinya akan rutin di peliharaan oleh personel Tahura Sultan Adam, bekerjasama dengan PT. Adaro Indonesia,” pungkas Hj.Fathimatuzzahra.

Lokasi penanaman ini juga merupakan areal Rehab DAS PT. Adaro Indonesia.
Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan penanaman ini dapat memberikan semangat bagi masyarakat maupun para pemegang PPKH lainnya untuk terus menanam menghijaukan Bumi Lambung Mangkurat, serta memulihkan ekosistem di wilayah tersebut.(adv/RW)

 497 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!