CALON Anggota KPID Kalsel “Fit and Proper Test” di DPRD Kalsel

CALON Anggota KPID Kalsel “Fit and Proper Test” di DPRD Kalsel

SuarIndonesia – Terlihat dengan wajah gugup memasuki ruangan, Fadli Rizky salah seorang calon anggota Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Kalsel mendekati kursi uji fit and proper test di DPRD Provinsi Kalsel. Rabu (30/6/2021)

“Dihadapan 10 orang penguji dari Dewan Kalsel, menjawab satu persatu pertanyaan dengan rasa yakin,” ucap pasto panggilan akrabnya.

Menurut alumni Al Falah Putra ini, tidak lebih dari 30 menit dirinya disodorkan pertanyaan baik seputar penyiaran, wawasan kebangsaan dan lainnya.

“Alhamdulillah, fit and proper test sudah dilalui, semoga hasilnya maksimal dan mohon do’anya,” ujarnya sembari menarik nafas panjang.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kalsel Rahmah Norlias mengatakan, calon anggota KPID Kalsel selain harus memiliki wawasan penyiaran, menyampaikan visi misi, juga harus memiliki wawasan pemerintahan, kebangsaan dan undang undang.

“Bagaimana sikap calon komisioner KPID terhadap negara,”katanya

Politisi dari PAN juga mengatakan, 10 anggota komisi I yang tergabung dari lintas Fraksi, dibagi menjadi empat tim penguji.

“Ada yang menanyakan visi dan misi, wawasan kebangsaan, pemerintahan, dan Undang Undang penyiaran,” ujarnya

Sedangkan 14 calon komisioner itu akan dipilih tujuh orang untuk menjabat, sementara sisanya akan menjadi PAW jika sewaktu-waktu ada yang mengundurkan diri atau lain hal.

“Kita akan seleksi hasil yang diserahkan tim Pansel dan akan dipilih tujuh orang sisanya akan jadi PAW,” ucapnya

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas menyampaikan fit and proper test dilakukan selama dua hari hingga 1 Juli 2021 terhadap 14 calon komisioner KPID Kalsel.

Sistem penilaian yang diberikan oleh 10 orang tim kepada tiap peserta akan dikumulatifkan untuk menjadi hasil akhir.

“Hasilnya akan dibikin peringkat atau rangking,”ucapnya

Sedangkan proses penilaian dilakukan secara tertutup. Nilai akan dimasukkan dalam kotak yang dikunci gembok baru kemudian setelah selesai pengetesan akan dihitung berapa jumlah yang diperoleh.

Disinggung mengenai adanya informasi tentang titipan yang bakal menjadi komisioner KPID Kalsel, Suripno Sumas mengatakan “sementara ini tidak ada titipan,”katanya.

Berdasarkan Surat Keputusan Tim Seleksi pemilihan anggota KPI Kalsel masa jabatan 2021-2024, ada 14 nama peserta seleksi yang berhak mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPRD Kalsel, yaitu :

AH Rijani, Gusti Burhanuddin, Azhari Fadli, Fadli Rizki, Nazaruddin Ikwan, Analisa, Muhammad Syaukani, Rozy Maulana, Abdul Hamid, Muhammad Farid Soufian, Fahmi Amrusi, Daddy Fahmanadie, sementara calon Guperan Sahyar Gani dan Marliyana merupakan petahana. (HM)

 262 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: