BRT akan Ditambah 2 Koredor Didukung DPRD Kalsel Pada Pansus III LKPJ

BRT akan Ditambah 2 Koredor Didukung DPRD Kalsel Pada Pansus III LKPJ

SuarIndonesia -Transportasi Banjar Bakula yang lebih dikenal Bus Rafid Transit (BRT) didukung DPRD Provinsi Kalsel dalam Pansus III dalam Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Pemerintah Provinsi Kalsel.

Bus Rafid Transit (BRT) yang merupakan program pemerintah daerah saat ini sudah berjalan koredor satu, yakni dari Banjarmasin – Banjarbaru melewati jalan ahmad yani via gambut.

“BRT ini program dari pemerintah daerah, dan dibantu program pemerintah pusat yang bernama Buy The Service,”

Hal ini dikatakan Sekretaris Dinas Perhubungan Mirhan kepada awak media usai pembahasan LKPJ Pemerintah Provinsi Kalsel, bersama Pansus II DPRD Provinsi Kalimantan selatan, Rabu (7/4/2021)

Menurut Mirhan, secara otomatis koredor untuk melayani masyarakat dalam tranportasi akan bertambah, dalam waktu dekat 2 koredor akan beroperasi guna melengkapi kebutuhan warga.

“Dalam tahun ini 2 koredor akan kita tambah guna melayani transportasi masyarakat kalsel bisa terpenuhi,”ucapnya

Mirhan menambahkan untuk BRT Banjar Bakula mempunyai 5 Koredor, untuk Koredor 1 dari Banjarmasin – Banjarbaru melewati via gambut, Koredor 2 dari km 17 arah Martapura lewat jalan trikora, Koredor 3 dari km 6 Banjarmasin ke handil bakhti, Koredor 4 dari km 17 ke trisakti lewat jalan Gubernur Subarjo. Dan Koredor 5 dari terminal gambut barakat ke Tanah Laut lewat jalan bentok.

“Saat ini hanya 1 koredor yang berkativitas, untuk keperluan bus mencapai 38 armada, namun yang ada dan berjalan hanya 9 bus, ditambah 2 armada bus dibandara Syamsudinnor,” tambah Mirhan

Semakin tinggi pelayanan transportasi, waktu tunggu penumpang akan sebentar, dikarenakan banyaknya warga yang menggunakan BRT.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah meluncurkan program Buy The Service pada 2020.

Program Buy The Service merupakan sebuah konsep pembelian layanan dengan pemerintah tak hanya memberikan bus, tapi juga subsidi bagi para penggunanya.

“Berapa pun armada bus yang diberikan dari pusat, akan dimaksimalkan untuk koredor yang telah direncanakan,” bebernya

Adapun kedepannya, tidak menutup kemungkinan koredor untuk BRT arah Hulu Sungai, juga akan dioperasikan, melihat kebutuhan peningkatan warga.

“tidak ada perbedaan dengan daerah daerah lain, namun melihat aktivitas kenaikan kebutuhan warga,”tutup Mirhan (HM)

 241 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: